Lompat ke konten Lompat ke sidebar Lompat ke footer

Makan Praktis Untuk Anak Saat Traveling

Pembicaraan aku dan suami setiap menjelang weekend "besok kita mau kemana?" dan suami selalu jawab belum tau, liat besok. Begitu selalu berulang di tiap-tiap waktu weekend. Besok harinya selepas sholat subuh, suami santai aja. Aku kira kami bakal dirumah rumah saja weekend ini, ternyata tidak suami tiba-tiba nyuruh siap-siap. Tentu saja hal yang tiba-tiba begini aku gak ada persiapan apapun buat anak, gak sempat masak untuk lauk makan dia juga karena buru-buru harus bersiap pergi. 
Nah untuk mengatasi suami yang selalu suka mengajak pergi dadakan, aku membiasakan diri untuk menyimpan beberapa jenis lauk praktis dirumah untuk anak. Lauk ini gak perlu dimasak, jadi kalau pergi dadakan tinggal bawa lauknya aja, di jalan kalau nampak rumah makan cukup beli nasi. Kebiasaan ini mulai kami lakukan dirumah semenjak anak umur setahun, karena umur segitu anak sudah cukup baik makan nasi putih seperti orang desawa (gak perlu di haluskan lagi seperti bubur nasi). 

Makan Praktis Untuk Anak Saat Traveling
Makan Praktis Untuk Anak Saat Traveling

Makanan Praktis Untuk Traveling 

Karena masak lauk sebelum pergi jalan-jalan adalah hal yang gak mungkin karena buru-buru harus berangkat, beberapa jenis lauk ini wajib banget dicoba:
1. Bubuk Teri 
Bubuk teri jadi salah satu lauk andalan saat berpergian ketika ay berumur di bawah satu tahun sampai umur setahun lebih. Teksturnya yang seperti bubuk namun gurih memudahkan untuk dicerna anak yang masih dalam tahap belajar makan. Siapkan nasi nahat, tabur bubuk terinya jadi deh makanan praktis saat kami berpergian 


Makan Praktis Untuk Anak Saat Traveling
Teri Bubuk

2. Teri Krispi 
Semakin besar usianya, selera makan anakku pelan-pelan berubah. Sekarang kalau makan maunya ada yang renyah-renyah digigit kayak kerupuk gitu. Tapi rasanya sayang sekali kalau anak makan hanya pakai kerupuk dan nasi, kualitas gizinya pasti kurang banget ya kan. Nyobain teri krispi untuk lauk makan anak, alhamdulillah anaknya doyan. Sampai sekarang jadi lauk andalan kalau berpergian kemanapun.

Makan Praktis Untuk Anak Saat Traveling
Teri Krispi

Bahkan teri krispi ini jadi andalan kami saat berpergian kesabang bersama rombongan kantor suami. Tau sendiri kan ya namanya pergi rombongan, berhentinya sesuai arahan kepala rombongan. Pernah baru berhenti makan jam 1 malam, yang tentu aja gak sesuai sama jadwal makan anak.
 
Jadi selama di perjalan itu aku selalu bontot nasi putih tiap berhenti makan, karena jdwal berhentinya emang seringanya gak sesuai dengan jam makan anakku. Jadi pas dia lapar, tinggal ambil bontot nasi putihnya tadi terus makan pakai teri krispi deh. Anak kenyang, hati mamaknya tenang.


3. Abon Krispi 
Masih ngomongin lauk praktis yang sesuai selera makan anakku. Abon juga jadi pilihan lauk alternatif saat berpergian nih, praktis gak perlu dimasak tinggal dituang di atas nasi, ehmm langsung makan. Ada beberapa merk abon yang pernah aku coba, tapi yang satu ini berbeda dari yang lain karena tekstur abonnya yang renyah. Memang gak seranyah kerupuk, tapi cukup renyah jika dibandingan abon-abon lainnya. Ay suka juga abon ini, jadi kalau pergi dadakan mamaknya gak perlu sibuk mikirkan lauk dia. 

Makan Praktis Untuk Anak Saat Traveling
Abon Krispi

Kenapa harus nyetok lauk seperti ini dirumah? 

Karena kami sering pergi dadakan, dan gak sempat lagi masak lauk untuk anak. Perginya selalu pagi-pagi dan warung nasi biasanya belum pada buka. Jadi lauk praktis gini sangat membantu sekali, tinggal beli nasi gurih aja diperjalanan dan lauknya pakai yang ada dirumah. Untuk anak yang lebih besar mungkin bisa lebih mudah karena jenis makanannya sudah mengikuti orang dewasa, tapi anak kami masih belum terbiasa makan dengan makanan padas, jadi lauk seperti diatas sangat menolong sekali.



3 komentar untuk "Makan Praktis Untuk Anak Saat Traveling"

  1. Untung aku anaknya pemakan segala.

    BalasHapus
  2. nyetok kopi juga ya, untuk yg suka kopi bapak bapaknya

    BalasHapus
  3. Kalau teri dan abon ini mah bukan anak2 aja yg suka ya kak...wong gede jugaa suka..paling praktis dibawa kemana2..tinggal pake nasi hangat..dah mantul

    BalasHapus