Lompat ke konten Lompat ke sidebar Lompat ke footer

Cara Membuat Rak Buku Anak Montessori

Mom Blogger Medan kali ini ingin sharing mengenai pembuatan rak buku anak ala montessori.

Menanamkan minat baca pada anak baiknya dimulai sejak dia masih kecil, bahkan dari dalam kandungan. Tentu ketika umurnya masih amat kecil ia belum memiliki kemampuan untuk membaca, maka dari itu penting bagi orang tua untuk menjadi pendamping baginya dalam menumbuhkan minat bacanya.

Salah satu cara termudah bagiku untuk menanamkan minat baca anakku yaitu dengan memfasilitasinya melalui buku anak. Bahkan jika di ingat-ingat lagi aku lebih sering membelikkan anakku buku dibanding mainan, karena aku sendri suka gemes liat buku anak. Jadi lebih berminat beli buku rasanya dibanding beli mainannya.

Cara Membuat Rak Buku Anak Montessori
Rak buku anak dari kardus

Anakku sudah dipekenalkan dengan buku, mulai dari umur dua bulan. Walau mungkin masih ada yang beranggapan terlalu dini memperkenalkannya dengan buku atau ada yang merasa anak-anak dibawah satu tahun belum tertarik dengan buku. Jangan menyerah ya, yakin aja. Karena menumbuhkan cinta itu berawal dari kebiasaan. Jika anak sering melihat buku-buku, sering bermain dengan bukunya dan sering melihat orangtuanya membacakan buku untuknya insyaallah kecintaanya terhadap buku akan tumbuh perlahan.

Berbicara soal memfasilitasi kebutuhan anak akan buku, rasanya gak jauh-jauh dari persoalan meletakkan buku. Alangkah baiknya buku diletakkan di area yang mudah dijangkau oleh anak, agar ia dapat lebih mudah mengambil sendiri buku yang dia sukai untuk dibaca.

Cara Membuat Rak Buku Anak Montessori
kalau pakai keranjang, bukunya jadi kurang menarik ya kan

Dulu aku hanya meletakkan buku-buku anakku di keranjang, tapi hal ini rasanya kurang efektif. Karena dia tidak dapat dengan mudah melihat cover dari buku-bukunya. Dan aku juga jadi kurang perhatian buat merotasi buku bacaanya, kadang dia mungkin bosan ngeliat buku yang itu-itu aja.

Sempat kepikiran buat beli rak buku berbahan kayu, namun ternyata ongkos kirimnya udah hampir sama dengan harga rak bukunya jadi niat itu aku urungkan. Gak berapa lama, aku liat dirumah ada kardus bekas mesin cuci yang kondisinya masih bagus banget. Langsung deh esekusi buat rak bukunya.

Nah ini aku share cara membuat rak buku anak ala montessori, lengkap dengan ukuran rak buku anakku.

Cara Membuat Rak Buku Anak Montessori
berikut ukuran dari rak buku mentossori yang saya buat

Bahan yang dibutuhkan : Kardus bekas, pulpen, cutter,  lem tembak dan lem fox


Cara membuatnya:
1. Terlebih dahulu potong-potong kardus sesuai ukurna yang di inginkan.
Nah ini ukuran kardus yang aku buat, di bagi-bagi menjadi beberapa bagian agar aku lebih mudah menjelaskannya.

Cara Membuat Rak Buku Anak Montessori
potong sesuai dengan ukuran yang telah di tetapkan


2. Setelah semua terpotong, buat garis pada bagian A. Jarak masing-masing garis 13 cm
Aku buat bagian atas yang lebih panjang (lebih dari 13cm) karena rencanya bagian atas nanti ingin aku ukir sedikit.

Fungsi garis ini, nantinya untuk menempelkan bahan bagian B seperti gambar di bawah ini (dibuat seperti tangga)


Cara Membuat Rak Buku Anak Montessori
Tempelkan bagian B ke bagian A, dimulai dari ukuran yang besar ke kecil secara beurutan


3. Setelah bagian A dan B melekat kuat, sekarang saatnya memasang bagian E dan bagian C.
Sebelum bagian C di tempelkan, isi terlebih dahulu celah-celah antara bagian A dan B, dengan bagain E.

Fungsi bagian E itu nanti sebagain pondasinya, agar penopang buku lebih kokoh dan gak mudah jebol. Makanya semakin banyak bagian E yang di isi, insyaallah rak semakin kuat menopang buku.
Setelah bagian tuntas di tempelkan, langkah selanjutnya tinggal menempelkan bagian C, untuk ukuran yang paling kecil di letakkan di bagian bawah ya.

Cara Membuat Rak Buku Anak Montessori
semakin bangan bagian E yang dimasukkan, maka rak buku semakin kokoh dan berat

4. Setelah semua dipastikan melekat kuat, tahap terakhirmenempelkan sisi kanan dan kiri dari rak buku (bagian D).
Karena aku pengennya rak bukunya sedikit bergaya, jadi sebelum di tempelkan aku potong sisi kanan dan kirinya berbentuk gelombang-gelombang gitu.
Dengan panjang di atas dari 24 cm menjadi 6 cm, dan bagian bawah tetap 24 cm yak. Jangan di kurangi bagian bawahnya, cukup yang di atas saja.

Cara Membuat Rak Buku Anak Montessori
Penampakan rak buku setelah selasai di pasang sisi kanan dan kirinya. Langsung di isi buku deh, biar keliatan cakepnya.
5. Lakukan pengecekkan terhadap hasil lem, kalau aku doubel berkali-kali dengan lemtembak biar lebih kuat

6. Untuk hasil maksimal, aku mendoubel kadusnya. Jadi jumlahnya tinggal di kali dua aja tiap masing-masing bagian.
Karena aku inginnya walau ini hanyak rak dari kardus, kalau bisa awat sampai lama ya kan. Jadi semakin tebal, akan semakin bagus ketahanan raknya

Catatan:
Lem fox aku gunakan untuk melekkatkan kardus yang aku doubel.

Lem tembak aku gunakkan untuk melekatkan antar bagian kardus.

Kalau menurut suamiku, penyanggah bukunya kurang tinggi (bagian c). Akibatnya buku jadi mudah terjatuh. Aku buat tingginya 5 cm, jadi kalau mom pengen lebih ok rak bukunya, tinggi bagian C bisa di modifikasi lagi ya.


Nah, sekian share aku mengenai cara pembuatan rak buku anak ala mentossori. Sebenarnya ini cukup mudah di kerjakan, tapi ngumpulin mood mamak ini kadang yang susah hahaha
Nanti udah mulai mood, baru pegang cutter anak bangun. Terus ngelonin anak, eh malah jadinya ikut ketiduran.
Dan ini sering kejadian di aku, makanya pas rak buku ini selesai suami langsung bilang: akhirnya selesai ya dek, setelah sekian lama

Selamat mencoba ya moms, kalau kurang paham silahkan komen aja. Ntar aku share tutorial youtubenya








14 komentar untuk "Cara Membuat Rak Buku Anak Montessori"

  1. Kreatif.. Memanfaatkan kardus bekas untuk jadi rak buku.. hemat pol...

    BalasHapus
  2. Selama ini saya susun buku-buku di keranjang biar praktis, tapi memang kesannya kurang apik. Lihat rancangannya ternyata praktis, sepertinya bisa saya coba.

    BalasHapus
  3. Wah kak Lynur, tipsnya kreatif sekali bagi aku yang kewalahan naruh buku karena kebanyakan dan banyak stok kardus yang ga kepake di rumah. Ga perna kepikiran sebelumnya, kayanya bisa ni langsung dieksekusi.

    BalasHapus
    Balasan
    1. Semoga bermanfaat ya nikmal, kalau kardusnya gak ke tampung lagi dirumah. Kami siap menampung kok :D

      Hapus
  4. Ya Allah.. kakak keknya dari lahir udah kreatif ya kan..
    Rajin kali... Awak agak agak gak telaten buat-buat rak ala montessori beginian kak...

    BalasHapus
    Balasan
    1. Alhamdulillah kak, di kasih Allah waktu yang lapang jadi bisa bebikinan kayak gini buat anak

      Hapus
  5. Ibu jaman sekarang memang dituntut untuk terus kreatif ya dek. Banyak cara memaksimalkan perlengkapan bekas pakai yang masih bisa didaur ulang. Enak lihat buku kalo tertata gini ya

    BalasHapus
    Balasan
    1. Benar kak, kalau masih bisa dipakai ulang lebih baik jangan dibuang dulu ya kan kak

      Hapus
  6. Emak-emak yang satu ini kreatif bener yak. Kalo aku ada kardus ya bukunya tak masukin kardus hahhahaha.


    Btw kalo ditaruh rak gini jadi lebih enak diliat ya buku-bukunya. Ah, kujadi teringat buku-bukuku yang numpuk tanpa rak.

    BalasHapus
    Balasan
    1. Alhamdulillah kak

      Ini karenan buku anak udah lumayan banyak kak, dulu oun masih pakai keranjang aja letak bukunya. Tapi numpuk-numpuk bukunya malah jadi susah mau milih buku

      Hapus
  7. Masya Allah..
    bagus banget mbak.
    Anak anak bakalan seneng banget diajak ikut terlibat buat beginian.
    Jadi termotivasi buat untuk SI Nussa dan Fafa..

    BalasHapus
    Balasan
    1. Iya bang, mereka pasti senang diajak ikut terlibat membuat karya yang nanti akan mereka pakai sendiri

      Hapus