Lompat ke konten Lompat ke sidebar Lompat ke footer

Tips Memenangkan Giveaway

Tips Memenangkan Giveaway | Sebenarnya udah lama pengen nulis tulisan ini, karena banyak kali orang yang tanya tipsnya buat bisa menang giveaway tiap aku post hadiah giveaway yang ku dapat. Tapi suami selalu bilang kalau masih menang giveaway yang nilai hadiahnya kecil-kecil gak usah nulis tipsnya lah, tunggu sampai bisa menang hadiah senilai jutaan baru nulis. 

Oke akhirnya ditahanlah tulisannya, sambil tetap terus ikutan giveaway tentunya. Banyak juga alasan nunda buat tulisan kayak gini, salah satunya males di anggap "giveaway hunter" padahalkan aku ikutan giveaway tuh buat seneng-seneng aja hahaha.

Alhamdulillah, hampir di penghujung akhir tahun 2021 Allah izinkan dapat hadiah giveaway senilai satu juta rupiah ~ alhamdulillah.

Ini dia "Pikler Cube", hadiah terbesar yang aku dapat dari giveaway

Giveaway?

Jadi saat ini di sosmed cukup banyak orang yang suka bagi-bagi hadiah secara gratis, biasanya dalam bentuk barang, voucher atau pun uang. Nah bagi-bagi hadiah ini lah yang kemudian di sosmed lebih dikenal dengan istilah "giveaway".

Untuk mengikuti giveaway, biasanya ada syarat khusus dari si pemberi hadiah. Tapi menurut aku, syaratnya gak pernah susah kok.

Sepengalaman aku ikut giveaway, syarat umum giveaway itu hanya follow akun, like, share dan komen. Kalau syaratnya udah ribet kayak harus buat review produk, menurut aku itu namanya lomba bukan lagi giveaway. Karena giveaway itu syaratnya mudah makanya selalu banyak orang yang ikutan.

Tips memenangkan giveaway

Sebenarnya gak ada aturan khusus agar bisa menang giveway, tapi beberapa hal ini selalu aku lakukan ketika mengikuti giveway.

1. Ikutin giveaway yang langsung diselenggarakan oleh brand.

Misal nih, yang lagi nyari buku cerita anak gratis coba follow penerbit buku cerita anak biasanya mereka sering ngadain giveaway.

2. Baca peraturan dengan jelas

Sebelum ngikutin giveaway, biasakan baca peraturannya terlebih dahulu. Pahami apa saja syarat untuk menjadi pemeng giveaway tersebut.

Aku jadi teringat sebuah kejadian, waktu itu ikutan giveaway hadiahnya voucher belanja buku anak senilai lima ratus ribu. Untuk jadi pemenang kami harus lomba spam komen dan like. Dan hampir aja aku gagal menang karena kalah jumlah spam dari yang "calon juara". Sayangnya nih, si calon juara lupa komen di feed givewaynya jadilah aku naik jadi pemenangnya karena sudah mengikutin semua syarat yang di tentukan.

3. Spam like dan komen

Rajin-rajin spam like dan komen di akun giveaway incaranmu, biar mereka ngeliat kamu selalu aktif.

4. Kreatif

Jika salah satu syaratnya "komen sekreatif mungkin" maka buatkan komentar yang unik. Bisa dengan menambahkan puisi atau pantun.

5. Pilih yang sedikit saingan

Aku lebih sering mengikutin giveaway yang saingannya sedikit atau yang salah satu syaratnya per orang hanya boleh komen satu kali di postingan giveawaynya.

Cara aku menilai jumlah saingan sedikit atau banyak yaitu dengan melihat jumlah komentar dan waktu posting giveawaynya. Kalau udah beberapa hari postingan giveaway masih sedikit yang ikutan komen itu artinya pesaing hanya sedikit jadi kesempatan menang lebih besar.

Ini beberapa hadiah giveaway yang pernah aku dapat

Saat ini aku tidak seaktif dulu dalam mengikutin giveaway, karena mengikutin giveaway itu butuh banyak waktu terutama untuk ngespam like dan komen.

Walau udah jarang ikutan sesekali aku juga masih dapat hadiah giveaway tapi nominalnya gak besar, misalnya voucher belanja lima puluh ribu.

Catatan!!

Aku sendiri gak terlalu suka ikutan giveaway yang kasih syarat "mention teman kamu sebanyak-banyaknya". Pertama aku gak tau mau mention siapa aja, kedua seringnya giveaway model beginian tuh pemenangnya dipilih pakai aplikasi acak jadi makin males buat ikutannya.

Oh iya, gak semua giveaway itu di pilih pakai aplikasi acak ya. Ada juga giveaway yang dipilih karena komentarnya lucu atau karena selalu aktif spam like dan komen.

Tulisan ini dibuat berdasarkan pengalaman aku selama mengikutin giveaway, teruslah semangat mengikuti giveaway. Jangan pulak selalu bilang "enak ya yang selalu dapat hadiah" tapi yang ngomong gak pernah ikutan giveaway. Jadi gimana mau dapat kesempatan menang?

Kunci utama sukses ikutan giveaway yaitu, berdoa dan mencoba pastinya. Kalau belum menang, ikutin lagi giveaway lainnya. Karena apa yang jadi rezekimu tidak akan melewati mu.

Kamu udah pernah menang giveaway? 

21 komentar untuk "Tips Memenangkan Giveaway"

  1. Waduh aku harus berguru padamu kakanda, aku tim yang senang sekali ikutin GA. Itung-itung main sosmed biar dapat untung. Makasih ya kak sudah sharing tips menang GAnya, ditunggu tips menang lombanya kak, soalnya kutengok kakak ini lalap menang lomba apapun. Mantap krina kaaak

    BalasHapus
  2. Tips yang sangat berfaedah ini. Beberapanya 11 12 sama tips yang dikasi Ibuknya Nua.

    Pernah juga sekali 2 kali menang give away. Dan kesemuanya itu cuma yg ikutnya iseng2. Dan yang ajaibnya lagi, pas ikutan itu tujuannya bukan supaya menang, tapi emang mau ngasi tau ke yang di mention kalau lagi ada give away, wkkk. Pas yang memang ikut dengan tujuan menang, alhamdulillah sampai kini belum pernah lolos🤣

    BalasHapus
  3. Wah, tipsnya manfaat nih, Ly. Kakak suka jg ikut GA gini tp jarang dapat. Mudah2an habis baca ini, bisa diterapin dan lucky terus. 🤭

    BalasHapus
  4. Patut d coba nih, menang giveaway itu kdg bkn krna hadiah nya, tp kepuasan bs menang 😁

    BalasHapus
  5. wah keren ini dapat giveaway yang lucu lucu gini hihi how lucky you are

    BalasHapus
  6. ah ini dia yang di cari cari, tips menang give away langsung dari pakar nya

    BalasHapus
  7. Wah ternnyata keren juga nih tips nya biar bisa ke depan coba - coba gift away . Dari dulu penasaran beberapa temen kreatif kreator kok bisa ya sering dapat gift away. Kadang kan kita juga kepingin freebies dapat ya . Ada kebanggaan sendiri

    BalasHapus
  8. Si tak pernah ikutin giveaway online gitu, trus jarang sekali juga dapet lucky draw gitu. Perlu banget sih ini berguru sama kakk yang satu ini. Moga2 dari ngikutin tips ini, nnti2 bisa ikutin dan menang.

    BalasHapus
  9. terima kasih tips nya semoga bisa diterapkan.
    betul pernah ikut give away dipilh 2 pemenang. pesertanya cuma 5 orang 3 orang dari blog m dan satupun dari kami gak ada yang menang. wkwkwkw husnudzon aja mungkin orang pedalaman

    BalasHapus
  10. Terima kasih atas tips-tipsnya suhu, next boleh share tips lomba blog ya, berguru langsung sama suhunya. 🤣

    BalasHapus
  11. Aku pernah juga, Kak, menang giveaway. Terbanyak kemarin pas giveaway dari T-sel. Namun, itu adalah giveaway pertama yang ku dapat setelah berpuluh giveaway yang pernah ku ikuti. Terima kasih untuk sharingnya, Kak.

    BalasHapus
  12. Kadang udha pesimis deluan klo ada GA GA wkwk, jadi kalau liat kak ly ikut udah kepikiran "bakal ada yg menang GA nih" mungkin jdi doa juga kali ya kk wkwkwk. Ntar klo iyah mau ikut GA lapor kk dulu ah, udah sesuai belum jampi-jampinya :p

    BalasHapus
  13. Giveaway hunter mana suaranya??? Wkwkwk. Sering ikutan, tapi jarang menang. Next, bakalan terapin tups dari Kak Lynur. 😂

    BalasHapus
  14. Aku juga gitu klo udah ribu ribu atau ratus ratus comment nya, mundur aku tuh wkwkw. Terus lebih suka ikut GA yg ada task nya atau kasih comment versi kita gitu.. 😁

    BalasHapus
  15. 😆 artikel yang sangat wajib dibaca untuk para pemburu giveaway. Yuk yuk kita praktekin semoga rejeki dah

    BalasHapus
  16. Sadar diri si kurang kreatif ini jarang kali iku GA, dan seringnya GA ini disuruh mention kawan (sama kak aku juga paling males syarat kekgini).
    Sekali aku menang GA dapat merchandise dari KA121 senengnya minta ampuuun, haha

    BalasHapus
  17. Aku tipikal yang ga berharap apa-apa saat ikutan GA. Kalo menang alhamdulillah, kalo engga yaudah gapapa. Ibarat kata ikutan GA cuman kaya apakah dapat rezeki nomplok apa tidak. Tapi melihat hasil yang kakak torehkan, hmm sepertinya menarik ke depannya untuk menerapkan tips ini kalo ada GA lagi.

    BalasHapus
  18. Aku suka deh tips tips begini, pasti akan kupake banget. Apalagi bagiku yg sllu gagal giveaway 🤣
    Thanks kak, aku jadi tau ternyata untuk menang giveaway jg harus pakai strategi 🤭

    BalasHapus
  19. Pengen banget aku tuh menangin giveaway tapi gak pernah dapat. Ada satu-satunya GA yang pernah aku menangin adalah tiket MedanXBeauty dari blogM 🤣. Makasih udah nulis ini. Nnti aku coba ya tipsnya kak.

    BalasHapus
  20. Wkwkw...aku seumur-umur belum pernah yang namanya menang giveaway. Pengen coba juga ya pake jurus kakak. Siapa tahhu bisa menang sekali aja. Hahah

    BalasHapus
  21. Aku mau cobalah ini. Soalnya tak pernah beruntung awak di urusan per-giveaway-an ini.

    BalasHapus