Oleh-oleh Wajib Saat Liburan ke Magelang

08.03

sumber: jitunews.com
Oleh-oleh Wajib Saat Liburan ke Magelang - Berwisata ke Magelang nggak lengkap kalau tak membawa oleh-oleh khas dari sana. Ada banyak oleh-oleh, terutama makanan yang bisa dibawa dari Magelang buat buah tangan keluarga dan sahabat. Kalau kamu sedang liburan atau masih akan liburan ke Magelang dan masih bingung mau bawa oleh-oleh apa, simak beberapa buah tangan yang bisa kamu bawa pulang berikut ini yuk. 

1. Wajik
Makanan yang satu ini terbuat dari beras ketan dan gula yang sudah diolah sedemikian rupa sehingga lengket dan bisa dipotong-potong. Di antara semua wajik yang ada di Magelang, yang paling terkenal adalah buatan Ny Week, yang sudah berjualan sejak puluhan tahun yang lalu.
Meski tergolong kue basah, namun wajik bisa bertahan di suhu ruangan dalam jangka waktu cukup lama. Sehingga cocok buat oleh-oleh, meski rumah kamu jaraknya puluhan jam sekalipun dari Magelang. 

2. Krasikan
sumber: indonesiakaya.com
Kue yang satu ini juga terbuat dari ketan, namun berbeda dengan wajik yang dibuat dari biji beras ketan utuh, krasikan dibuat dari tepung ketan yang dicampur dengan santan dan gula merah. Penampakan krasikan mirip dengan dodol, namun dengan rasa yang sedikit berbeda.

3. Getuk Trio
Magelang identik dengan getuk, salah satunya adalah getuk trio. Ini bukanlah sebuah merek makanan, melainkan jenis getuk. Dinamakan demikian karena getuk ini terdiri dari tiga warna khas yaitu putih, cokelat dan merah muda.
Ada banyak merek getuk trio yang beredar di Magelang. Soal rasa, semuanya memiliki ciri khas sama, manis dan gurih serta lembut. Yang membuat getuk trio terasa lembut di lidah adalah campuran mentega di dalamnya, yummy.
Kalau kamu berniat membawa Getuk Trio buat oleh-oleh setelah berwisata ke Magelang, belilah sesaat sebelum pulang. Karena makanan yang satu ini tidak tahan lama, dan sebaiknya hanya dibawa pulang kalau perjalanan ke kota kamu jaraknya tak lebih dari 24 jam dari Magelang.

4. Getuk Bolen

sumber: fioribakery.com
Selain getuk trio, oleh-oleh khas ketika berwisata ke Magelang lainnya adalah Getuk Bolen. Seperti namanya, getuk ini dilapisi dengan kulit crunchy seperti pisang bolen, namun isian dalamnya berupa getuk yang gurih.
Sama dengan Getuk Trio yang tidak tahan lama, Getuk Bolen pun bernasib sama. Dengan bahan utama yang memang tidak tahan dengan suhu ruangan dan jadi kurang lezat jika dimasukkan ke dalam kulkas, makanan ini sebaiknya dibawa menjelang waktu pulang agar bisa dinikmati seluruh keluarga.


5. Keripik Slondok
Ragu membawa getuk buat pulang ke rumah karena takut basi, pilih saja oleh-oleh keripik slondok yang terbuat dari singkong. Keripik ini punya banyak rasa, kamu tinggal memilih yang sesuai dengan selera dan dibawa pulang.

6. Potil
Masih dari singkong, makanan khas Magelang lainnya adalah potil. Rasanya gurih, dengan bentuk kecil-kecil seperti cincin dan namun rasanya lebih renyah bila dibandingkan dengan anting-anting khas Jawa Tengah.
Belakangan ini ada banyak rasa potil yang ditawarkan, tidak melulu asin saja. Tapi juga ada rasa keju, bbq dan banyak rasa lainnya.

7. Tape Ketan Hijau
sumber: ncc-indonesia.com
Makanan yang bisa jadi oleh-oleh dari Magelang lainnya adalah tape ketan hijau, dengan rasa yang manis. Tapi sama seperti getuk, sebaiknya ketan ini tidak dibawa dalam perjalanan yang lebih dari satu hari dan tidak dibawa dengan menggunakan pesawat terbang.

You Might Also Like

0 comments

Follow Me