Lompat ke konten Lompat ke sidebar Lompat ke footer

Resesi 2023, Tetap Yakin Ingin Beli Rumah?

Resesi 2023, Tetap Yakin Ingin Beli Rumah? Ekonomi global diperkirakan akan hadapi resesi. Hal itu tampak dari sejumlah kebijakan bank-bank sentral dari berbagai negara dunia dengan keluarkan kebijakan pengetatan moneter, seperti menaikan suku bunga acuan. 

Resesi 2023, Tetap Yakin Ingin Beli Rumah?

Kenaikan suku bunga acuan pastinya mempunyai efek domino, yang aman pasti efeknya akan menyebar ke banyak sektor seperti kredit macet. Salah satu yang cukup menjadi perhatian yakni sektor properti perumahan, yang mana kenaikan suku bunga kredit aman ikut dengan suku bunga acuan. Sehingga, dampaknya akan ada banyak orang kehilangan rumah karena tak sanggup untuk membayar cicilan, bisnis yang terpaksa gulung tikar, dan daya beli yang melemah. 

Resesi Terhadap Properti

Efek Suku Bunga Acuan Terhadap Properti di Indonesia

Bank Indonesia keluarkan kebijakan menaikan suku bunga acuan sebesar 4,25 persen. Kenaikan itu dapat dipastikan suku bunga kredit akan menjadi naik, seperti kredit kendaraan, hingga Kredit Perumahan Rakyat. Sehingga kenaikan tersebut daya beli konsumen untuk berbagai produk kredit aman mengalami pelemahan. 

Kenaikan suku memang memiliki pengaruh pada sektor properti. Namun dampak kenaikan suku bunga hanya pada apartemen dan tidak pada rumah tapak. Hal itu karena hampir rata-rata 60% pembeli apartemen untuk investasi, sementara, 80%-90% pembeli rumah tapak adalah untuk hunian. 

Efek Suku Bunga Acuan untuk Developer Properti

Dampak kenaikan suku bunga acuan memunculkan pelemahan pada developer properti. Bahkan dapat sebabkan perusahaan developer properti harus berutang karena konsumen alami gagal bayar untuk pembiayaan perumahan. 

Begitu pula di Indonesia, dampak kenaikan suku bunga acuan pastinya dirasakan sekali oleh developer properti. Dampak yang dirasakan sekali adalah kenaikan biaya dikeluarkan developer jadi bengkak. 

Bahkan, developer biayai pembangunan lewat hutang atau pinjaman. Saat naik suku bunga acuan, pastinya biaya pun menjadi naik. Apalagi ditambah dengan kenaikan BBM pun membuat bahan baku yang dibutuhkan ikut naik. 

Pemerintah Memastikan Bunga KPR Subsidi Tetap Keadaan Stabil

Bunga KPR bersubsidi akan tetap dalam keadaan stabil pada angka 5 persen walaupun BI naikkan suku bunga acuan. Hal itu karena bunga kredit perumahan subsidi termasuk cukup ringan, jauh lebih kecil daripada suku bunga KPR non subsidi yang dapat menyentuh 11%-12%.

Oleh karena itu, pemerintah membuat sistem skema KPR supaya tetap terjangkau masyarakat. Pemerintah pun akan merancang program BP2BT (Bantuan Pembiayaan Perumahan Berbasis Tabungan) untuk berikan cicilan lebih rendah serta terjangkau. 

Beli Rumah Saat Resesi, kenapa Tidak?

Properti tidak sepenuhnya terpuruk, ada beberapa anggapan jika sektor properti semuanya terpuruk karena gejolak ekonomi tidak sepenuhnya benar. Malah pada segmen menengah ke bawah, industri satu ini masih lumayan subur. Di Indonesia saja misalnya, ketika menghadapi pandemi covid-18 yang nyaris mematikan semua rantai ekonomi, properti segmen menengah dinilai masih dalam kondisi baik berkat stimulus pemerintah.

Properti berupa rumah merupakan salah satu investasi terbaik yang masih aman jika saja resesi terjadi. Gak perlu takut berlebihan, kuncinya adalah beli rumah sesuai kebutuhan. Tidak perlu mewah yang penting nyaman.

Perumahan Wiraland River Valley Resort Home

Membeli rumah di masa resesi adalah pilihan yang tepat selama Anda sanggup membeli dengan cash keras. Kalaupun Anda menggunakan KPR, itu masih menjadi pilihan yang tepat selama Anda bisa mengelola keuangan dan Anda punya berbagai backup plan yang baik untuk mengantisipasi segala kemungkinan yang bisa terjadi. 

Hanya saja di masa pandemi ini dan terlebih lagi di masa resesi, bank akan sangat ketat dalam mengevaluasi dan memberikan persetujuan KPR Anda karena bank juga melakukan berbagai upaya untuk mencegah melonjaknya angka kredit macet.

Cari Rumah Yang Nyaman dan Bisa KPR?

Buat Anda yang tetap ingin beli rumah tapi belum bisa cash keras, solusinya adalah dengan Cicilan atau KPR, tidak masalah selama Anda bisa mengatur keuangan dengan tepat. Salah satu pilihan rumah yang nyaman adalah Perumahan Wiraland. 

Salah satu perumahan Wiraland yang memberikan kenyamanan serta bernuansa alam seperti dibali adalah River Valley Resort Home. Anda sudah tau belum tentang perumah ini?

Perumahan Wiraland River Valley Resort Home

Perumahan tersebut beralamat di Jalan Bunga Rampe 4 Medan, ini menawarkan landed house yang ditata secara apik di atas kawasan seluas (kurang lebih) 53 hektare. Lingkungannya didominasi panorama hijau dan berbagai dukungan infrastruktur yang matang. Konsepnya adalah Enviromental Reverse, yang mana infrastruktur dan lingkungan dibangun terlebih dulu sebelum rumahnya.

Inilah yang menjadikannya terasa nyaman sebagai hunian karena mengedepankan lingkungan. Dan beberapa type rumah yang menjadi pilihan adalah Type Beryl, Type Shappire dan di Cluster terbarunya yakni Cluster Dalton Park ada 3 type baru yakni Jade, Onyx dan Lavender.
Perumahan Wiraland River Valley Resort Home

Type Onyx 

Desain rumah Type Onyx dari River Valley Residence, dibuat ala scandinavia dengan ceiling setinggi 5 meter dilengkapi dengan taman di dalam rumah. Selain itu terdapat 2 kamar tidur dan 1 kamar mandi,  serta Luas tanah 6 x 12 m, Luas bangunan 45 meter persegi dan sudah ada Carport.

Lokasi perumahan ini terletak di Jalan Bunga Rampe 4 Simalingkar B, yang bisa dijangkau dari berbagai sudut Kota Medan. Lokasinya bisa diakses melalui Jalan AH Nasution, Jalan Jamin Ginting, Namorambe, dan Deli Tua

Untuk harga rumah type ini mulai dari 300 jutaan dan dengan cicilan 3 jutaan.  Apakah Anda Tertarik?

Apa Saja Fasilitas River Valley Resort Home

Kenapa harus membeli rumah di Rivel Valley Resort Home? Apa saja yang membuat orang bisa nyaman memiliki rumah disini. Nah, Ada beberapa hal yang dapat membuat Anda senyaman di Bali saat tinggal di perumahan ini. Yaitu dengan adanya beragam fasilitas yang menarik diantaranya :

Gerbang dan Keamanan River Valley
Konsep one gate system, security 24 jam dan cctv
Perumahan Wiraland River Valley Resort Home
Row Jalan luar
Row jalan dengan lebar 9 – 15 meter mempermudah akses penghuni

Area asri dan hijau
Sesuai dengan konsep resort home, memiliki penghijauan yang memberikan suasana nyaman dan udara segar, suasana resort di rumah sendiri
Perumahan Wiraland River Valley Resort Home
Kolam Renang dan River Park
Kolam renang ala resort pertama di Medan, dengan pemandangan hijau serta taman dipinggir sungai menjadi fasilitas eksklusif untuk penghuni di River Valley Resort Home.
Kolam Renang River Valley Resort Home
Sudah yakin untuk membeli rumah di perumahan Wiraland satu ini? langsung aja hubungi hotline dan social media River Valley Resort Home (0811-631-6008 dan Instagram : @River Valley_Resorthome) atau website RiverValley-ResortHome.com

Demikianlah sejumlah pembahasan mengenai informasi tentang ancaman resesi 2023. Lalu, apakah saat resesi, membeli rumah merupakan hal yang tepat? Semoga Informasi ini bermanfaat ya.

7 komentar untuk " Resesi 2023, Tetap Yakin Ingin Beli Rumah?"

  1. Smoga ngga ada resesi dan rakyat Indonesia makmir sentosa bisa punya rumah sendiri ya kan kak. Aamiin ...😁

    BalasHapus
  2. wah, lingkungannya itu ya adem pemandangannya
    mungkin ini bisa jadi dreamlist saya nih
    karena memang sedang merencanakan cari rumah

    BalasHapus
  3. Makasih kak, jadi nambah insight baru ttg properti di masa pandemi ini. Gumawo 😊😊

    BalasHapus
  4. Tipe komplek tuh harus kali loh punya row jalan yg gede biar gak debat sama tetangga perkara parkir mobil

    BalasHapus
  5. Jadi pengen beli rumah disini

    BalasHapus
  6. Jadi pengen beli rumah juga, tp nabung dulu, shalawatin dl yakan kak. Bismillah yg kayak gini ya Allah...🤭

    BalasHapus
  7. Kabar Resesi 2023 emang booming kali di mana2. Banyak yg takut untuk beli rumah. Baca artikel ini jadi banyak tau kalo ternyata tetap aman punya rumah di tengah ancaman resesi. Btw, rumah di River Valley ini idaman aku kali. Vibesnya bener2 berasa di Bali ya. Adem gitu liatnya.

    BalasHapus