Lompat ke konten Lompat ke sidebar Lompat ke footer

Tips Semangat Olahraga Dari Rumah

Tips Semangat Olahraga Dari Rumah- Menurut aku pribadi, sebenarnya berolahraga itu salah satu hal yang penting. Walau keseharian sudah banyak beraktifitas, tapi aku sendiri merasa itu semua tidak cukup untuk membakar kalori. Perlu menyediakan waktu istimewa buat berolahraga.

Kenapa waktu istimewa? Karena ini adalah waktu yang memang di khususkan buat olahraga dan di niatkan. Jadi ketika ada sehari saja tidak berolahraga maka terasa seperti ada yang kurang lengkap.

Awal mula aku jadi merasa membutuhkan olahraga itu, ketika sudah menuntaskan tiga belas hari tantangan diet. Waktu itu, ingin makan enak tapi khawatir berat badan naik kembali. Jadi iseng-iseng cari di youtube olahraga yang mudah dan singkat aja. 

Ketemulah aku dengan gerakan workout berantai selama tujuh hari. Gerakan workoutnya cukup mudah di ikuti dan yang paling penting singkat, rata-rata lama workout hanya limabelas menit. Karena aku males olahraga berjam-jam lamanya.

Tips Semangat Olahraga Dari Rumah
Semangat berolahraga

Lalu mulailah aku mengikuti setiap gerakan yang ada di video. Di hari pertama workout itu, pas malam hari badan rasanya pegel semua seperti habis nanjak bukit dan jalan jauh. Bangun paginya juga masih pegel tapi aku tetap lanjut buat workout. Karena saat itu aku penasaran, apa sih yang bakal terjadi setelah tujuh hari nanti.

Walau gerakkannya gak sempurna, tapi aku tetap konsisten buat mengistimewakan waktu olahraga. Hingga di hari ke empat, tubuh ini mulai terbiasa. Gak ada lagi rasa pegal-pegal dan mulai nyaman aja gitu rasanya.

Waktu terus berlalu, hingga tuntaslah tujuh hari workout dirumah. Ketika workout ini menjadi hal yang rutin, tanpa terasa aku sudah menuntaskan tantangan tujuh hari untuk workout dirumah.
Nah selain niat yang kuat, aku ingin berbagi tips untuk tetap bersemangat olahraga walau dirumah saja.

Tips Semangat Olahraga Dari Rumah
Olahraga itu walau awalnya dipaksakan, lama-lama akan terbiasa kemudian menjadi nyaman

Tips Semangat Olahraga Dari Rumah


1. Niat

Sebelum tidur malam, niatkan dulu untuk keesokan paginya setelah bangun tidur harus berolahraga.

2. Lakukan

Ketika udah bangun tidur nih, setelah melakukan hal-hal yang diperlukan jangan tunda lagi berolahraga, karena kalau udah sibuk dengan kegiatan yang lain selalu aja ada alasan untuk "olahraga mulai besok".
Sedari masih single hingga udah menikah aku selalu membiasakan olahraga sehabis subuh. Bagiku ini waktu yang paling pas, karena tubuh dan fikiran masih segar. Buat ibu-ibu yang mulai sibuk dengan balitanya, coba deh berbagi waktu dengan suami. Singkirkan sebentar pekerjaan, dan fokuslah untuk menjadikan nyata niat berolahraga.


3. Mulai dengan waktu yang singkat

Awal mula olahraga, aku hanya sanggup di angka 15 menit karena lebih dari itu rasanya udah ngos-ngosan. Jika di rasa 15 menit masih terlau lama, mungkin bisa dikurangi. Pada intinya sih, lakukan dahulu, biar tubuh yang membiasakan. Ketika tubuh sudah terbiasa, tambahkan jam untuk berolahraga secara perlahan.

4. Tidur yang cukup

Tidur yang cukup sangat berpengaruh terhadap semangat berolahraga, karena jika tidurnya cukup maka bangun pagi pun tubuh menjadi segar tanpa rasa kantuk

5. Minta dukungan

Dukungan ini, bagi aku pribadi sangatlah penting. Apalagi setelah menikah, ada anak yang butuh di perhatikan juga. Dan bergantian menjaga anak, menjadi salah satu bentuk dukungan yang paling penting dari suami.
Jadi aku punya waktu khusus untuk berolahraga, tanpa terganggu oleh urusan lainnya.

Selain itu, dukungan yang gak kalah penting tentunya izin suami untuk membeli barang-barang pendukung olahraga - hahaha

Tips Semangat Olahraga Dari Rumah
Smartband yang selalu jadi penyemangat untuk olahraga. Kalau mulai males olahraga langsung inget suami udah belikan ini, masa di anggurin sih 

Sebenarnya tanpa barang-barang ini pun tetap bisa berolahraga dirumah kok, hanya bagi aku pribadi barang-barang ini sangat membantu ku untuk menaikkan mood berolahraga. Seperti ada tanggung jawab besar, ketika aku tidak menggunakan barang-barang yang sudah di izinkan suami untuk dibeli untuk berolahraga
 
Yok semangat berolahraga

1 komentar untuk "Tips Semangat Olahraga Dari Rumah"

  1. yampun aku kesentil baca ini hahaha
    aku rajin olahraga pas isoman beberapa bulan lalu
    selebihnya malah enggak, lari pun juga jarang banget

    BalasHapus