Lompat ke konten Lompat ke sidebar Lompat ke footer

Tips Setelah Lulus Program Kartu Prakerja

Tips Setelah Lulus Program Kartu Prakerja 2021- Tahun 2020 membawa banyak cerita dalam hidupku, pandemi yang datang di awal tahun tidak hanya membatasi ruang gerak tapi juga berimbas pada pendapatan keluarga kami. Di tengah ketakutan akan ancaman virus yang mengerikan, kami juga harus menghadapi kenyataan jika pendapatan juga ikut terjun bebas. Benar jika tahun 2020 setiap orang sangat dipaksa untuk mampu beradaptasi dengan keadaan secara cepat.

Alhamdulillah, dalam situasi yang sedang tidak menentu pemerintah mengadakan program kartu prakerja. Program kartu prakerja ialah program pengembangan kompetisi kerja yang ditujukan untuk pencari kerja yang terkena phk atau pekerja yang membutuhkan peningkatan kompetisi. Program pemerintah inilah yang sedikit banyak membantu aku dan suami.

Di tahun 2020 program kartu prakerja dibuka hingga gelombang 11, alhamdulillah aku dan suami lulus program kartu prakerja walau berbeda gelombang. Rasanya begitu lulus sangat bersyukur sekali tentunya, karena program ini sangat diminati dan setiap pendaftaran pergelombang dibuka batas waktunya tidak terlalu lama karena kuota cepat sekali terpenuhi.

Yang didapatkan ketika lulus program kartu prakerja yaitu saldo pelatihan sebesar satu juta rupiah, uang insentif sebesar dua juta empat ratus dan uang servei sebesar seratus lima puluh ribu. Bagi aku pribadi ini semua sangat membantu, aku bisa mendapatkan pelatihan secara gratis sesuai keinginan dan diberi modal untuk memulai usaha baru ~ alhamdulillah.

Tips Setelah Lulus Program Kartu Prakerja
Tampilan website resmi pra kerja tahun 2020

Jika kamu mencari tips cara lolos program kartu prakerja, aku gak tau gimana cara terampuh untuk lolos selain berdoa. Hal lain yang aku lakukan dulu dengan suami yaitu selalu mengikuti informasi terbaru dari sosial media prakerja dan segera daftar ketika gelombang prakerja sudah dibuka.

Semoga saja ada pembukaan Gelombang 12 Program Prakerja 2021. Sehingga ada kesematan orang lain untuk mencoba. Maka dari itu kali ini aku hanya berbagi beberapa tips mengenai apa yang aku lalukan setelah aku lulus program kartu prakerja. 

Tips Setelah Lulus Program Kartu Prakerja

1. Segera Beli Pelatihan 

Hal terpenting yang harus dilakukan ketika  dinyatakan lulus program kartu prakerja ialah segera membeli pelatihan pertamamu. Jika saldo pelatihan sudah bisa digunakan, segera beli jagan ditunda terlalu lama, karena menunda berarti kamu akan lebih lama lagi mendapatkan jadwal keluarnya uang insentif.

Perlu diketahui insentif cair sebanyak empat kali setiap bulannya. Dan tanggal cairnya berdasarkan jadwal yang sudah kamu dapatkan. Maka dari itu semakin cepat selesai pelatihan pertamamu dan sertifikat sudah kau dapatkan maka semakin cepat juga jadwal insentifmu keluar.

2. Belilah pelatihan di prakerja di tempat yang sudah akrab kamu gunakan.

Aku selalu membeli pelatihan di tokopedia, alasannya sederhana saja karena sudah terbisa menggunakannya jadi prosesnya lebih mudah bagiku. 

3. Untuk pelatihan pertamamu, pilih pelatihan yang webinarnya ada setiap hari

Karena salah satu syarat kelulusan dari pelatihan harus sudah menyelesaikan webinar. Jadi menurut aku pribadi penting sekali dipelatihan pertama mengikuti pelatihan yang webinarnya ada setiap hari agar kelulusanmu cepat. 

Aku memilih pelatihan pertamaku di skill academy, seingatku webinarnya ada setiap hari dan proses pengeluaran sertifikatnya juga cepat.

4. Pilih pelatihan pertamamu yang kamu rasa sudah akrab denganmu.

Karena ini pelatihan pertamaku, ibarat kata nih ya aku baru kenalan maka yang aku pilih adalah pelatihan yang tidak terlalu asing sekali bagiku. Hal ini penting menurutku karena ada nilai kelulusan yang mana dipelatihan pertama jika aku tidak lulus, maka aku harus mengulang kembali pelatihanku yang berarti  akan berdampak pada keterlambatan keluarnya jadwal insentifku. 

Jadi agar aku tidak terlalu grogi sekali,  aku pilih hal yang sudah aku tau tapi belum aku optimalkan dengan baik. Aku memilih "Cara Asik Menghasilkan Uang dari HP dengan WhatsApp". Jujur whatsapp bukan hal baru lagi bagiku, tapi ternyata seteah belajar banyak hal  yang belum aku lakukan untuk mengoptimalkan penjualanku melalui whatapp bisnis.

Aku menyelasikan pelatihan ini dalam satu hari dan webninarnya juga ada dihari yang sama jadi aku tidak perlu menunggu. Sertifikat juga keluar setelah tiga/empat hari dan alhamdulillah disusul dengan keluarnya jadwal insentif beberapa hari kemudian.

5. Pilih pelatihan yang menurutmu menarik

Aku memilih pelatihan yang berbeda dengan bidang yang aku kuasi, karena emang tujuan utamaku ialah menambah keahlian lagi. Jadi sebelum memilih pelatihan kedua dan seterusnya selahkan di pilih-pilih karena ada banyak sekali jenis pelatihan yang menarik. Tenang jadwal insentifmu kan sudah keluar jadi sudah tenang pastinya.

6. Habiskan saldo pelatihan prakerjamu

Ketika jadwal insentifmu sudah  keluar, jangan langsung santai ya. Habiskan saldo prakerjamu karena banyak sekali pelatihan yang menarik. Sayang rasanya jika saldo pelatihanmu tidak dimanfaat secara maksimal. Kerena saldo pelatihan memiliki batas penggunaanya, jadi sayang sekali jika masa penggunaan saldomu habis namu saldo pelatihan masih tersisa banyak

7. Selesaikan segera pelatihanmu

Terlalu santai ketika melakukan pelatihan selain berimbas pada lamanya keluar jadwal insentif juga akan berimbas pada saldo pelatihanmu. Karena kamu tidak dapat mengikuti pelatihan selanjutnya jika status pelatihanmu yang masih dalam keadaan aktif. Status pelatihan akan berubah menjadi selesai ketika sertifikat pelatihan sudah masuk ke dashboardmu.

Penting bagimu jika memilih pelatihan yang webinarnya seminggu sekali jangan sampai tertinggal ya. Karena ketika tertinggal itu artinya kamu harus menggu kembali di minggu depannya. Karena mengikuti webinar adalah salah satu syarat kelulusan pelatihanmu.

Ada juga pelatihan yang aku ikuti webinarnya seminggu sekali dan sekaligus digabung dengan ujianny juga. Jadi kalau jadwal webinarnya terlewat, aku harus menunggu minggu depannya lagi dan belum bisa membeli pelatihan lainnya karena status pelatihannya masih aktif. Jadi yang memilih pelatihan denagn webinar seminggu sekali jangan sampai kelewatan jadwalnya ya

Sekian sharing akau mengenai program kartu prakerja. Buat teman-teman yang ingin ikutan ditahun 2021 semoga berhasil lolos ya. Jika belum lolos digelombang oertama jagan pantang menyerah, ikuti aja terus info terbaru media sosial prakerja dan langsung daftar kembali begitu ada pembukaan gelombang baru.

Note :
Pastikan kamu selalu ingat email dan password yang kamu daftarkan untuk program kartu prakerja. Karena berdasarkan pengalamanku setiap pelatihan yang dibeli informasinya masuk ke email. 

Jangan lupa instal aplikasi telegram di smartphone kamu ya, karena grup pelatihan rata-rata menggunakan telegram. Penting untuk gabung kedalam grup karena informasi lebih lanjut terkait kelas yang kamu ambil biasanya diinfokan digrup.

Pelatihan yang aku ikuti diantaranya:

1. Cara Asik Menghasilkan Uang dari HP dengan WhatsApp - Skill Academy by Ruangguru
Seingatku jadwal webinar ada setiap hari dan pembelajaran menggunakan aplikasi skill academy

2. Belajar memulai bisnis Mie ayam dengan modal 100 RB - Baking World
Jadwal webinar seminggu sekali dan belajar langsung melalui aplikasi zoom, diakhir sesi belajar ada ujian.

3. Darwis Triadi Mengajarkan Teknik Pencahayaan dan Komposisi Fotografi - Kelas.com
Jadwal webinar seminggu sekali melalui IG live kelas.com dan belajar melalui website kelas.com

4. Belajar membuat Fudgy Brownies yang enak - Baking World
Jadwal webinar seminggu sekali dan belajar langsung melalui aplikasi zoom, diakhir sesi belajar ada ujian.

Pelatihan di baking world menurutku yang paling simpel. Sekali ikut webinar udah langsung dengan ujiannya. Selesai ikut ujian tinggal tunggu sertifikat keluar deh, sayang webinarnya seminggu sekali.
Di baking world juga ada kelas bonus yang gak kalah bagus. Kalau aja saldo pelatihanku terisi kembali ingin rasanya membeli kelas di baking world kembali :D

Posting Komentar untuk "Tips Setelah Lulus Program Kartu Prakerja"