Lompat ke konten Lompat ke sidebar Lompat ke footer

Tips Setelah Lulus Program Kartu Prakerja

Tips Setelah Lulus Program Kartu Prakerja 2021- Tahun 2020 membawa banyak cerita dalam hidupku, pandemi yang datang di awal tahun tidak hanya membatasi ruang gerak tapi juga berimbas pada pendapatan keluarga kami. Di tengah ketakutan akan ancaman virus yang mengerikan, kami juga harus menghadapi kenyataan jika pendapatan juga ikut terjun bebas. Benar jika tahun 2020 setiap orang sangat dipaksa untuk mampu beradaptasi dengan keadaan secara cepat.

Alhamdulillah, dalam situasi yang sedang tidak menentu pemerintah mengadakan program kartu prakerja. Program kartu prakerja ialah program pengembangan kompetisi kerja yang ditujukan untuk pencari kerja yang terkena phk atau pekerja yang membutuhkan peningkatan kompetisi. Program pemerintah inilah yang sedikit banyak membantu aku dan suami.

Di tahun 2020 program kartu prakerja dibuka hingga gelombang 11, alhamdulillah aku lulus di gelombang ke 11 dan suami lulus di gelombang 3. Rasanya begitu lulus sangat bersyukur sekali tentunya, karena program ini sangat diminati dan setiap pendaftaran pergelombang dibuka batas waktunya tidak terlalu lama karena kuota cepat sekali terpenuhi.

Yang didapatkan ketika lulus program kartu prakerja yaitu saldo pelatihan sebesar satu juta rupiah, uang insentif sebesar dua juta empat ratus dan uang servei sebesar seratus lima puluh ribu. Bagi aku pribadi ini semua sangat membantu, aku bisa mendapatkan pelatihan secara gratis sesuai keinginan dan diberi modal untuk memulai usaha baru ~ alhamdulillah.

Tips Setelah Lulus Program Kartu Prakerja
Tampilan website resmi pra kerja tahun 2020

Jika kamu mencari tips cara lolos program kartu prakerja, aku gak tau gimana cara terampuh untuk lolos selain berdoa. Hal lain yang aku lakukan dulu dengan suami yaitu selalu mengikuti informasi terbaru dari sosial media prakerja dan segera daftar ketika gelombang prakerja sudah dibuka.

Semoga saja Program Prakerja tahun 2021 segera dibuka. Sehingga ada kesempatan orang lain untuk mencoba. Maka dari itu, kali ini aku hanya berbagi beberapa tips mengenai apa yang aku lakukan setelah aku lulus program kartu prakerja. 

Tips Setelah Lulus Program Kartu Prakerja

1. Segera Beli Pelatihan 

Hal terpenting yang harus dilakukan ketika  dinyatakan lulus program kartu prakerja ialah segera membeli pelatihan pertama mu. Jika saldo pelatihan sudah bisa digunakan, segera beli jangan ditunda terlalu lama. Karena jika menunda, berarti kamu akan lebih lama lagi mendapatkan jadwal keluarnya uang insentif.

Perlu diketahui, insentif cair sebanyak empat kali setiap bulannya. Dan tanggal cairnya berdasarkan jadwal yang di dapatkan setelah menyelesaikan pelatihan pertama. Maka dari itu semakin cepat selesai pelatihan pertama mu, semakin cepat pula sertifikat kau dapatkan. Dan setelahnya tinggal tunggu jadwal insentif mu keluar.

2. Beli pelatihan di prakerja di tempat yang sudah akrab kamu gunakan.

Aku selalu membeli pelatihan di tokopedia, alasannya karena sudah terbisa menggunakannya jadi prosesnya lebih mudah bagiku. 

3. Untuk pelatihan pertama mu, pilih pelatihan yang webinarnya ada setiap hari

Karena salah satu syarat kelulusan dari pelatihan yang sudah di beli ialah harus menyelesaikan webinar. Jadi menurut aku pribadi penting sekali untuk pelatihan pertama, memilih pelatihan yang webinarnya ada setiap hari agar kelulusan mu cepat. 

Aku memilih pelatihan pertamaku di skill academy, seingatku webinarnya ada setiap hari dan proses pengeluaran sertifikatnya juga cepat.

4. Pilih pelatihan pertama mu, yang kamu rasa sudah akrab dengan mu.

Dulu saat mengikuti program prakerja, untuk pelatihan pertama kalinya, aku pilih yang tidak terlalu asing sekali bagiku. Hal ini penting menurutku karena ada nilai kelulusan, yang mana dipelatihan pertama jika aku tidak lulus maka aku harus mengulang kembali pelatihanku. 
Artinya semakin lama lulus, akan berdampak pada keterlambatan keluarnya jadwal insentifku. 

Jadi agar aku tidak terlalu grogi,  aku pilih hal yang sudah aku tau tapi belum aku optimalkan dengan baik. Aku memilih "Cara Asik Menghasilkan Uang dari HP dengan WhatsApp". Jujur whatsapp bukan hal baru lagi bagiku, tapi ternyata setelah belajar banyak hal  yang belum aku lakukan untuk mengoptimalkan penjualanku melalui whatapp bisnis.

Aku menyelasikan pelatihan ini dalam satu hari dan webninarnya juga ada dihari yang sama. Sertifikat keluar setelah tiga/empat hari dan alhamdulillah disusul dengan keluarnya jadwal insentif beberapa hari kemudian.

5. Pilih pelatihan yang menurutmu menarik

Aku memilih pelatihan yang berbeda dengan bidang yang aku kuasai, karena emang tujuan utamaku ialah menambah keahlian lagi. Jadi sebelum memilih pelatihan kedua dan seterusnya silahkan pilih-pilih pelatihan terlebih dahulu, karena ada banyak sekali jenis pelatihan yang menarik. Tenang jadwal insentifmu kan sudah keluar jadi sudah tenang pastinya.

6. Habiskan saldo pelatihan prakerjamu

Ketika jadwal insentifmu sudah  keluar, jangan langsung santai ya. Habiskan saldo prakerjamu karena banyak sekali pelatihan yang menarik. Sayang rasanya jika saldo pelatihanmu tidak dimanfaat secara maksimal. Kerena saldo pelatihan memiliki batas penggunaanya, jadi sayang sekali jika masa penggunaan saldomu habis namu saldo pelatihan masih tersisa banyak

7. Selesaikan segera pelatihanmu

Terlalu santai ketika melakukan pelatihan selain berimbas pada lamanya keluar jadwal insentif juga akan berimbas pada saldo pelatihanmu. Karena kamu tidak dapat mengikuti pelatihan selanjutnya jika status pelatihanmu yang masih dalam keadaan aktif. Status pelatihan akan berubah menjadi selesai ketika sertifikat pelatihan sudah masuk ke dashboardmu.

Penting bagimu jika memilih pelatihan yang webinarnya seminggu sekali jangan sampai tertinggal ya. Karena ketika tertinggal itu artinya kamu harus menggu kembali di minggu depannya. Karena mengikuti webinar adalah salah satu syarat kelulusan pelatihanmu.

Ada juga pelatihan yang aku ikuti webinarnya seminggu sekali dan sekaligus digabung dengan ujianny juga. Jadi kalau jadwal webinarnya terlewat, aku harus menunggu minggu depannya lagi dan belum bisa membeli pelatihan lainnya karena status pelatihannya masih aktif. Jadi yang memilih pelatihan denagn webinar seminggu sekali jangan sampai kelewatan jadwalnya ya

Sekian sharing akau mengenai program kartu prakerja. Buat teman-teman yang ingin ikutan ditahun 2021 semoga berhasil lolos ya. Jika belum lolos digelombang pertama jangan pantang menyerah, ikuti aja terus info terbaru media sosial prakerja dan langsung daftar kembali begitu ada pembukaan gelombang baru.

Note :
Pastikan kamu selalu ingat email dan password yang kamu daftarkan untuk program kartu prakerja. Karena berdasarkan pengalamanku setiap pelatihan yang dibeli informasinya masuk ke email. 

Jangan lupa instal aplikasi telegram di smartphone kamu ya, karena grup pelatihan rata-rata menggunakan telegram. Penting untuk gabung kedalam grup karena informasi lebih lanjut terkait kelas yang kamu ambil biasanya di infokan digrup.

Pelatihan yang aku ikuti diantaranya:

1. Cara Asik Menghasilkan Uang dari HP dengan WhatsApp - Skill Academy by Ruangguru
Seingatku jadwal webinar ada setiap hari dan pembelajaran menggunakan aplikasi skill academy

2. Belajar memulai bisnis Mie ayam dengan modal 100 RB - Baking World
Jadwal webinar seminggu sekali dan belajar langsung melalui aplikasi zoom, diakhir sesi belajar ada ujian.

3. Darwis Triadi Mengajarkan Teknik Pencahayaan dan Komposisi Fotografi - Kelas.com
Jadwal webinar seminggu sekali melalui IG live kelas.com dan belajar melalui website kelas.com

4. Belajar membuat Fudgy Brownies yang enak - Baking World
Jadwal webinar seminggu sekali dan belajar langsung melalui aplikasi zoom, diakhir sesi belajar ada ujian.

Pelatihan di baking world menurutku yang paling simpel. Sekali ikut webinar, udah langsung dengan ujiannya. Selesai ujian tinggal tunggu sertifikat keluar deh, sayang webinarnya seminggu sekali.
Di baking world juga ada kelas bonus yang gak kalah bagus. Kalau aja saldo pelatihanku terisi kembali ingin rasanya membeli kelas di baking world kembali :D

6 komentar untuk "Tips Setelah Lulus Program Kartu Prakerja"

  1. pengen coba daftar mbak kalau nanti gelombang ke-2 nya jadi dibuka
    pilihan kelasnya menarik semua soalnya, buat nambah nambah ilmu juga

    BalasHapus
    Balasan
    1. Iya mbak, pilihan kelasnya bermanfaat semua untuk menambah skill, semoga lulus ya mbak 😊

      Hapus
  2. Sekarang sudah gelombang 14 ya mbak kalau ngga salah. Saya kira program pra kerja itu mudah, daftar, dapat kerjaan, dapat bantuan. Eh ternyata prosesnya panjangnya juga ya

    BalasHapus
  3. semoga kali ini lulus juga gelombang berikutnya
    karena sedang excited dengan beberapa kelas yang ada

    tips yang sangat menginspirasi bikin garuk garuk kepala pokoknya

    BalasHapus
  4. Saya sudah daftar beberapa kali dan belum rezeki. Sampai saat gelombang terakhir ini masih berharap untuk lulus. Hahaha.

    Setelah membaca ini saya dapat pencerahan, dan nanti (jika lulus) tidak perlu bingung-bingung lagi. Terima kasih banyak.

    BalasHapus
  5. Pernah ngurus data pra kerja. watilu udh masukin data karna ada yg kurang dan perlu di scan malah kelupaan masukin lagi. Apa bisa d sambung lagi ya ngurus nya ? Atau mesti ikut gelombang baru

    BalasHapus