Lompat ke konten Lompat ke sidebar Lompat ke footer

Cara Membuat Celengan Anak

Dunia anak memang jadi hal yang menarik untuk di ikuti, setiap kali bermain dengan anak rasanya tercetus ide-ide untuk mengkreasikan mainannya agar dia tidak bosan dengan permainan yang itu-itu saja. Salah satu ide yang muncul kali ini ialah "Celengan". 

Ide celengan dari bahan bingkai/frame foto

Sejak memasuki usia satu tahun saya dan suami mulai mengajarkan menabung ke anak kami. Agar uang yang dia punya tersimpan dengan baik, kami memberikannya sebuah celengan. Bukan celengan yang di beli dipasaran, tapi hanya sebuah wadah transparat yang diberi lubang. Tujuan kami menggunakan wadah transparant agar anak dapat melihat dengan jelas uang yang telah dia masukkan ke celangannya dan dia juga nantinya bisa melihat dengan jelas ketika celengannya tersebut telah penuh. 

Tapi semakin lama di pandang, celengan anak kami emang kurang menarik, karena hanya terbuat dari wadah tanpa tambahan gambar atau tulisan apa pun. Jadi aku berfikir, kenapa gak coba buat yang lebih bagus lagi tapi dengan bahan yang ada di rumah, lalu aku teringat kami punya bingkai foto yang tidak terpakai. Jadilah tercetus ide membuat celengan anak menggunakan bingkai  foto.

Cara Membuat Celengan Anak 

Cara membuatnya mudah sekali loh, kamu insyaallah bisa mencobanya juga di rumah, nah apa saja yang harus disiapkan sih
Alat dan bahan :
Bingkai foto dan papan penutupnya

1. Bingkai foto / frame foto
2. Impraboard
3. Gambar (akan ditempelkan sebagai latar belakang tabungan)
4. Spidol permanent
5. Lem UHU
6. Cutter & penggaris

Proses membuat:
1. Ukuran panjang bingkai foto terlebih dahulu, dan juga lebarnya ya.

Potongan impraboard

2. Potong impraboard mengikuti panjang bingkai dan untuk lebarnya di tambahkan sedikit dari lebar bingkai yang kamu punya. Misal bingkai kamu lebarnya 3 cm, agar bisa mendapatkan efek 3D pada celengan bingkaimu maka tambahkan 3 atau 4 cm lagi dari lebar bingkai  yang kamu punya. Penambahan lebar ini sesuai selera ya.

Tempelkan impraboard ke sisi bingkai


Impraboard yang telah dilubangi di letakkan dibagian atas

3. Beri lubang pada salah satu sisi impraboard, lubang ini nantinya untuk memasukkan uang kedalam celengan bingkai foto.
4. Lem impraboard ke bingkai dengan lem UHU, oh iya pastikan posisi kaca dari bingkai tertimpa impraboard dengan rapat ya. Tujuannya agar kaca kuat dan tidak goyang.

Sebenarnya jika mengkuti ke empat langkah di atas, celengan dari bingkai foto sudah bisa digunakan. Langkah terakhir cukup menutup bagian belakang dari bingkai foto yang kamu punya. Bisa menggunakan papan bawaan dari bingkai foto atau dengan menggunakan impraboard.

Tips memperindah celengan bingkai foto

Untuk memperindah si tampilan dari celengan tersebut, aku rasa perlu untuk ditambahkan tulisan dan gambar. Jika merasa tidak bisa menulis dengan rapi, tenang aja kamu bisa terlebih dahulu membuat tulisannya di word atau aplikasi font kemudian di prit bersamaan dengan gambar yang akan di tempelkan sebagai latar dari celengan.

Tempelkan hasil print ke papan penutup dan tulisannya ke kaca bingkai

Langkah memperindah celengan bingkai foto:
1. Print tulisan dan gambar yang ingin dibuat di celengan
2. Gunting gambar dan tempelkan ke bagian penutup celengan (gambar ini nantinya akan menjadi latar dari celenganmu)

Tulisan di tempelkan ke sisi dalam ya

3. Gunting tulisan yang telah dibuat, lalu tempel ke bagian kaca (disisi dalamnya ya)
4. Ikuti pola tulisan dengan menggunakan spidol permanent (hal ini hanya untuk yang tidak bisa typografi, jika tulisanmu bagus langsung saja berkreasi di kaca bingkai celengamu ya)
5. Lepaskan pola yang di tempel ke kaca, tutup celengamu dengan papan yang sudah di tempeli kaca.

Note:
1. Jika dirasa anak masih terlalu kecil, kaca bingkai bisa di ganti dengan bahan akrilik
2. Impraboard dipilih karena mudah dipotong dan materialnya juga cukup kuat jika dibandingkan dengan bahan kardus
3. Jika celengan ingin di jadikan pajangan, bisa di tambahkan penyangga di bagian belakangnya ya

Gimana hasilnya? Lebih menarik dengan bingkai foto bukan

Alhamdulillah celengan siap di isi tabunganmu
Selamat berkreasi ya

2 komentar untuk "Cara Membuat Celengan Anak "

  1. Mba lynur ini kreatif sekali yaaa :D. Salut loh aku :). Tanganku kalo udah berbau kerajinan tangan ato prakarya langsung kaku hahahahaha.

    Baguuus loh ini tabungannya. Anak2 selama ini aku beliin tabungan yg udah jadi, bukan bikin sendiri. Padahal sbnrnya gampang, asal mau telaten aja coba bikinnya yaaa :).

    BalasHapus
    Balasan
    1. Terimakasih mbak fanny, dulu pun tanganku kaku kalau berbau kerajinan mbak hahah. Semangat mbak, kalau sering-sering buat lama-lama terbiasa mbak

      Salam kenal ya mbak :)

      Hapus