Lompat ke konten Lompat ke sidebar Lompat ke footer

Resep Membuat Cheetos Ala Rumahan

Mom Blogger Medan kali ini ingin berbagi resep cemilan anak berbahan dasar tahu yang dibuat mirip seperti jajanan cheetos yang sudah terkenal itu.

Walaupun memasak adalah salah satu kegiatan rutinku semenjak menikah. Tapi ntah mengapa, aku masih saja selalu merasa kebingungan tiap ingin membuat cemilan untuk ay.
Mungkin jika hanya sekedar cemilan, gampang cukup membelinya di warung pasti ada (read : kerupuk). Tapi aku inginnya ay itu memakan cemilan yang bergizi dan jelas proses pembuatannya. Maka insyaallah aku selalu berusaha untuk menyiapkan cemilan bergizi untuk ay.

Seperti cemilan yang kali ini aku ingin bagi, saat pertama kalinya membuatnya untuk anak dan suami, alhamdulillah di terima dan langsung habis ~ senangnya hatiku
Aku suka banget dengan tektur cemilan yang satu ini, rasanya garing renyah diluar tapi bagian dalamnya agak sedikit kenyal.

Resep ini bisa menggunakan dua jenis tepung, yaitu tepung maizena dan tepung tapioka. Namun ternyata setelah diuji coba beberapa kali, tekstur yang dihasilkan tidak lah sama.

Baca sampai akhir ya, agar tau perbedaan kedua tekstur cemilan ini

Rasanya renyah diluar dan gak pakai waktu lama untuk segera menghabiskannya

Yok langsung aja cobaain resepnya utamanya dibawah ini ya
Bahan :
Tahu 200gr
Tepung tapioka/tepung maizena 5 sdm
Baking powder 1/2 sdt
Garam & kaldu bubuk secukupnya
Minyak goreng

Cara membuat:
1. Haluskan tahu, tambahkan semua bahan lalu aduk hingga rata.
2. Agar berbentuk seperti cheetos masukkan adonan kedalam plasti, kemudian potong bagian ujungnya. Tidak perlu terlalu besar karena adonan akan sedikit mengembang ketika digoreng.
3. Goreng hingga garing (adonan tidak saling atau terasa lengket lagi)


Ay yang gak sabar nunggu mamaknya foto untuk postingan blog

Resep di atas dapat menggunakan dua jenis tepung yang berbeda. Awalnya aku kira hasilnya akan sama saja, tetapi setelah aku mencoba resep yang sama namun dengan tepung yang berbeda ternyata hasilnya berbeda sekali.

Baca juga : Resep Praktis Roti Gabin

1. Menggunakan Tepung Maizena

Ketika adonan tahu di tambahkan tepung ini, akan menghasilkan tahu yang teksturnya lebih keras namun garing hingga kebagian dalam. Kalau menurutku dan suami, adonan ini terlalu keras untuk anak kami. Walau lebih kriuk, namun suami juga kurang suka dengan teksturnya.

2. Menggunakan Tepung Tapioka

Pernah mencicipi cireng?

Nah tekstur yang dihasilkan ketika si tahu dicampurkan dengan tepung tapioka ialah garing diluar namun kenyal di dalam. Sedikit mirip dengan cireng rasaku. Bagiku, campuran tapioka ini lah yang paling pas dengan si tahu dan cocok untuk anak-anak. 

Namun tentunya masing-masig adonan tentu ada kekurangan juga. Adonan dengan tepung tapioka, cenderung garing hanya saat baru selesai di goreng (dalam keadaan panas sampai hangat). Maka dari itu, sajikanlah selagi hangat dan segera habiskan. Karena ketika dingin si cheetos kw jadi tidak tersa garing dan cenderung alot.

Masukkan ke dalam plastik, lalu potong ujungnya sedikit saja dan goreng hingga tidak saling melekat

Nah aku juga mau share, tips mendapatkan tekstur cheetos yang renyah. Dari hasil berberapa kali percobaanku

1. Sebelum di campurkan dengan bahan kering, lebih dahulu peras tahu hingga airnya keluar.

Aku merasa, semakin sedikit jumlah air makan cheetos kw ini akan semakin mudah untuk renyah dan garing.

2. Goreng dengan api kecil - sedang

Semakin lama di goreng maka bagian dalam tahu pun semakin garing.

3. Bentuk pipih

Nah, buat yang ingin renyah kayak kerupuk, sebaiknya bentuknya di piphkan saja. Agar bagian dalamnya cepat renyah. Ini bentuk favorit aku, walau gak mirip sama sekali dengan cheetos tapi aku rasa lebih ranyah jika di bentuk pipih.

Selamat mencoba ya mom, semoga si kecil suka dengan cemilan ini


Posting Komentar untuk "Resep Membuat Cheetos Ala Rumahan"