Kenapa Bangga Jadi Anak Medan

15.05

Medan Kota Kita Tercinta
Kini Tampak Lebih Bergaya
Jalan Dan Taman Kota, Rapi Bersih Terpelihara
(sebait Mars Kota Medan)

Hayo-hayo yang anak medan, pasti  gak asing lagi sama lagu ini kan
Kalau ada anak medan yang ngerasa asing sama lagu ini ~ sudahlah :(
mending buruan gih liat youtube, buruaaaannnn...

Alasan Bangga Jadi Anak Medan

Kenapa bangga jadi anak medan? Kenapa? Kenapa?
Pertanyaan itu muncul begitu saja, sama halnya seperti udara yang terhirup secara bebas. Mengalir tanpa kata tanpa alasan.

Medan oh medan..
Sama halnya seperti kebanyakan kota metropolitan lainnya..
Banyak gedung-gedung berdiri dengan gagah, mall dan market francais bertebar layaknya sebuah kata-kata yang tak sabar ingin dimengerti, bunyi klakson bersahutan tak sabar menghiasi pagi indah para penghuninya, debu dan polusi asap kendaraan berdesakan dengan segarnya udara pagi ~ seperti inilah gambaran pagiku di Kota Medan setiap harinya.
Tapi aku cukup bangga dengannya, bangga dengan kota kelahiranku ~ Kota Medan Tercinta

Lalu, apa yang membuatku bangga dengan kota kelahiranku ini? Kenapa harus bangga jadi anak medan? Apa istimewanya kotaku ini?
Aku kasih bocoran sedikit deng, apasih sebenarnya yang aku banggakan dengan Kota Medan tercinta ini :>

1. Wisata Kota
Wisata itu gak melulu soal jalan dan berteman dengan alam. Berkunjung ke tempat bersejarah juga termasuk salah satu wisata loh, darinya kita dapat lebih memahami perjuangan para pahlawan dan sejarah perkembangan kota kita sendiri.
Ada cukup banyak bangunan bersejarah di kota medan, di antaranya:

*Istana Maimun
Istana Maimun Medan
source: www.wikiwisata.com
Istana Maimun peninggalan Kesultanan Deli ini menjadi salah satu ikon Kota Medan yang cukup menarik dikunjungi. Daya tarik dan keunikan dari istana ini bukan hanya usianya yang sudah tua, tetapi juga gaya arsitekturnya yang merupakan paduan dari unsur-unsur warisan kebudayaan Melayu dengan gaya Islam, Spanyol, India dan Italia.
Replika Istana Maimun ini juga ada di Bandara Kualanamu, tapi dari pada ngeliatin replikanya lebih asik datang langsung kemari.

* London Sumatera
Alasan Bangga Jadi Anak Medan
source: www.medanwisata.com
Cuma medan yang punya London di kotanya ~ kibas poni
Gedung London Sumatera, dinamakan demikian karena bentuknya yang seperti bangunan di London ~ bisa jadi :D

Gedung megah berwarna putih ini berdiri sejak tahun 1906. Gedung berlantai 5 ini juga jadi gedung pertama di Kota Medan yang memiliki lift loh. Bisa di bayangkan, udah berapa tua dan bersejarahnya lift yang ada di gedung ini.
Pada masa itu, gedung ini memiliki fungsi sebagai kantor perdagangan dan perkebunan. Hingga kini, bangunan yang memiliki nama lain Lonsum, tetap berfungsi aktif sebagai tempat perkantoran.

Ingat pesan Bung Karno " Jangan Sekali-kali Melupakan Sejarah" ~ JASMERAH
Masih banyak lagi loh bangunan bersejarah di Kota Medan, penasaran kelen? Makanya maen la ke Medan.

2. Ragam Bahasa
Wahhhhh..... Kalau soal bahasa, medan ada banyak ragamnya.
Yang paling mainstream perbedaan kereta versi Medan (motor) dengan kereta versi Jakarta (kereta api). Lalu pasar versi Medan (jalan raya) dengan pasar versi Jakarta (tempat belanja kebutuhan pokok)

Alasan Bangga Jadi Anak Medan

Belum lagi bahasa slang anak medan, yang sangat unik dan kadang butuh pemahaman ekstra buat para pendatang.
Penulisan dengan cara baca yang beda juga sering buat para pendatang bingung.
Contohnya kata "Kimbek" (ungkapan kesialan, kekesalan atau umpatan) dalam pengucapannya huruf "E" harus lebih di tekankan, ingat ya ditekankan!!! Kalau bacanya datar aja, yang ada malah kamu yang jadi bahan bullyan ~ nyudut dipojokan

Bahasa slang anak medan ini tertuang secara kreatif dalam bentuk komik.
Gak percaya kelen? Baca lah ini : Digidoy! Komik Stripnya Anak Medan

3. Wisata Kuliner
Makan.. Makan.. Makan..
Penggemar durian dari luar kota medan pasti paling gak sabar ngunjungi gerai Ucok Durian, penasaran sama legitnya durian medan :3
Tapi yakin cuma mau makan durian? Yakin gak mau nyicipin kuliner lainnya?
Medan juga menyuguhkan wisata kuliner yang sayang untuk dilewatkan loh, apa aja itu
*Soto Medan
Makanan berkuah santan gurih dengan warna kekuningan yang menggoda.
Alasan Bangga Jadi Anak Medan
Soto Sinar Pagi - source: kulinermedan 
Alasan Bangga Jadi Anak Medan
Soto Kesawan - source: www.makanmana.net
Diantara banyaknya gerai penjual soto, kedua gerai soto ini selalu ramai dengan pengunjung setiap harinya. Kalau ke Medan, cobain la kedua soto ini. Pasti bakal kangen lagi setelahnya :D

*Mie Balap
Ini bukan mie yang dimakannya sambil balapan ya, bukannnn..
Banyak sudut kota medan yang menyajikan mie balap, dan kebanyakan adanya itu di pagi hari.

Alasan Bangga Jadi Anak Medan
source: www.medanfoodblogger.com
*Bika Ambon
Walau memakai nama ambon di belakangnya, tapi Bika Ambon oleh-oleh khas Kota Medan kok.

Alasan Bangga Jadi Anak Medan
source: www.delicindo.com
Gerai Bika Ambon bisa di jumpai di sepanjang jalan mojopahit atau di toko-toko kue medan.

Jadi cemana nurut kamu kota kelahiranku ini? Unik bukan?
Kalau info ini belum cukup, maen-maen la ke CeritaMedan.com atau KabarMedan.com, biar makin kenal sama Kota Medan.
Yok maen ke Kota Medan :D


You Might Also Like

4 comments

  1. kalau aku bangga jadi anak medan karena kita sehati neng

    BalasHapus
  2. Hae Ly!

    Gambar pertamamu udah cukup mencuri perhatian. Belum lagi gambar-gambar gedungnya kece.
    Good job, nambah minat orang untuk baca,

    Beberapa yang disayangkan, Lily bercerita agak terburu-buru di bagian makanan. Karena Lily pake cara "bercerita", coba lebih diperbanyak ceritanya. :D
    Overall, tata tulisnya aja kurang rapi. Selebihnya banyak positifnya :D Entar kita belajar lagi yes!

    Salam semangat,

    Diary Khansa

    BalasHapus
    Balasan
    1. Mksh masukkannya funy..

      Emang di bagian tulisan buru2 -___-", slna kejar target biar tepat waktu hiksss..
      Ayokkk belajar lagi kita :D

      Hapus

Follow Me