Lompat ke konten Lompat ke sidebar Lompat ke footer

Rekomendasi Wisata Kuliner Medan Yang Wajib Dikunjungi

Hai..hai.. aku Lily, warga asli kota Medan yang sedari kecil hingga saat ini tinggal di kota Medan.

Mie Ayam Jamur Haji Mahmud Medan
 Mie Ayam Jamur Haji Mahmud Medan

Kalau ngomongi soal wisata alam, di kotaku ini memang gak banyak tempat wisata alamnya. Tapi kalau soal wisata kuliner, Kota Medan juara umum sih menurut aku. Kota dengan keaneka ragaman suku yang tinggal berdampingan menjadikan kuliner di Medan juga beragam. Sama kayak Mie Ayam Jamur Haji Mahmud, salah satu tempat makan melegenda yang pilihan variasi menunya lengkap sesuai selera semua umur menjadikannya sebagai wisata kuliner Medan yang wajib dikunjungi.

Mie Ayam Jamur Haji Mahmud ini sudah eksis sejak tahun 1988. Dahulunya hanya berjualan dengan gerobak keliling yang seiring dengan berkembangnya usaha, Bapak Haji Mahmud membuka outlet yang lebih besar di Jalan Abdullah Lubis No 57 (seberang Masjid Al jihad Medan). Hingga saat ini sudah ada cabangnya juga loh.

Sekilas perjalanan  Mie Ayam Jamur Haji Mahmud

Mie ayam sendiri awalnya adalah bakmi, hidangan mie khas tiongkok. Hidangan ini mulai masuk ke Indonesia karena  banyaknya masyarakat asal China yang merantau dan menetap di Indonesia. Di negara asalnya bakmie, sesuai dengan namanya menggunakan toping daging babi yang menjadikan kuliner ini tidak halal untuk di konsumsi umat muslim. Namun, saat hidangan ini mulai di perkenalkan di Indonesia, daging yang digunakan berganti dengan daging ayam semur agar bisa di konsumsi semua orang.

Salah satu ciri khas Mie Ayam Jamur Haji Mahmud dari dulu hingga sekarang adalah penyajiannya yang menggunakan mangkok serta sendok berbahan melamin di tambah sumpit kayu. Gak ketinggalan kuah panas yang dituangkan langsung di depan pembeli dan mie yang di sajikan terpisah.

Mie Ayam Jamur Haji Mahmud Medan
Kuah panasnya mantap banget

Bersertifikat Halal MUI

Keinginan kuat Bapak Haji Mahmud dalam menjual makan yang halal dibuktikan dengan outlet Mie Ayam Jamur Haji Mahmud yang sudah bersertifikat halal MUI. Jadi makanan halal disini bukan semata kata pemiliknya saja ya tapi sudah dijamin ke halalan nya. Makan enak jadi lebih tenang dan nyaman pastinya.

Aneka Menu Yang Beragam

Pilihan variasi menu di Mie Ayam Jamur Haji Mahmud sangat beragam, menjadikannya tempat makan dengan banyak pilihan makanan enak di Medan. Awalnya memang  Mie Ayam Jamur Haji Mahmud hanya menjual mie ayam jamur, tapi saat ini variasi menu mereka terus berkembang dan sangat kekinian mengikuti selera pasar. Kalau kamu mikirnya di Mie Ayam Jamur Haji Mahmud hanya ada mie, kamu salah besar karena variasi menu di Mie Ayam Jamur Haji Mahmud ada banyak dan lengkap.

Mie Ayam Jamur Haji Mahmud Medan
Daftar Menu  Mie Ayam Jamur Haji Mahmud

Seperti tagline mereka "Melegenda dan Gaul" tergambar jelas pada variasi menunya yang cocok di nikmati segala usia. Rasa dan kualitas mie ayam jamurnya yang melegenda tetap sama sedari dulu hingga saat ini. 

Variasi menunya yang lengkap dapat menggabungkan selera berbagai lidah. Pas lagi mau makan aneka olahan mie, udah pasti mereka ada dong. Mau makan nasi hingga makanan ringan pun mereka juga punya. Gak ketinggalan ada ragam olahan kopi untuk si pencinta kopi. Pantaslah  Mie Ayam Jamur Haji Mahmud menjadi pilihan wisata kuliner Medan yang wajib dikunjungi.

Mie Ayam Jamur Haji Mahmud Medan
Olahan sate kerang dan sate bakso rendang

Outlet  Mie Ayam Jamur Haji Mahmud juga menyediakan olahan sate kerang dan sate bakso rendang yang cocok di sandingkan dengan pilihan menu  di Mie Ayam Jamur Haji Mahmud, makan mie ayam jamur spesial tambah sate kerang beh mantap kali. 

Beberapa hari yang lalu, aku dan suami datang ke outlet Mie Ayam Jamur Haji Mahmud. Semenjak menikah sudah jarang kami berduaan makan di tempat, biasanya sih kalau beli makanan di bungkus untuk makan di rumah bersama anak. Tapi tiap ke Mie Ayam Jamur Haji Mahmud aku lebih suka makan di tempat, karena bisa puas makan mie ayammnya di tambahin irisan cabe merah yang asem-asem pedas.

Ngeliat daftar menu, eh ada menu baru dari Mie Ayam Jamur Haji Mahmud. Menu baru mereka cukup mudah di temukan mata ketika melihat daftar menu, jadi buat si paling suka coba-coba kayak aku bisa langsung keliatan dengan jelas pilihan menu terbaru mereka. 

Mie Ayam Jamur Haji Mahmud terus melakukan inovasi produk, salah satunya dengan memberikan variasi-variasi menu terbaru yang pasti rasanya enak. Menu terbaru mereka yaitu olahan makanan dengan kuah kari, aku yang penyuka kuah kari langsung penasaran ingin menyicipnya. Aku pesan menu terbaru mereka Mie Pangsit Kari Daging dan menghasut suami buat pesan Mie Ayam Jamur Spesial Jumbo, biar aku juga bisa ikut nyicipin mie punya suami.

Mie Ayam Jamur Haji Mahmud Medan
 Mie ayam jamur spesial jumbo, Mie pangsit kari daging

Menu favorit di Mie Ayam Jamur Haji Mahmud udah pastilah Mie Ayam Jamur Spesial karena hampir di setiap meja para pengunjung pasti kamu akan melihat ada banyak mangkok melamin berisi mie ayam jamur dengan kuah panasnya yang nikmat. Pokoknya wajib banget untuk menyipici Mie Ayam Jamur Spesial dari Mie Ayam Jamur Haji Mahmud jika ke Kota Medan. Jangan sampai menyesal karena belum pernah nyobain mienya yang di sajikan dengan kuah panas plus jangan lupa tambahkan irisan cabe merahnya. Perpaduan mie ayam dengan cabe merahnya selalu buat aku kangen makan di Mie Ayam Jamur Haji Mahmud.

Mie Ayam Jamur Haji Mahmud Medan
Irisan cabe merah kesukaan ku

Banjir Promo

Gak hanya rasanya yang memanjakan lidah, Mie Ayam Haji Mahmud juga selalu memikirkan para penikmatnya dengan memberikan banyak promo yang menarik. Selalu ada promo untuk para pencinta Mie Ayam Jamur Haji Medan. Aku liat-liat di sosmed mereka di bulan desember ini ada Promo Serbu (senin seru berdua), Promo Jigo (hari selasa sampai dengan hari kamis), Promo Jumat Berkah, Promo Take Away & Delivery, Promo Ngopi dan promo-promo menarik lainnya yang pasti akan selalu di update di sosmed mereka. Jadi biar gak ketinggalan info terbaru mereka, follow IG nya disini ya Instagram Mie Ayam Jamur Haji Mahmud

Mie Ayam Jamur Haji Mahmud Medan
Banjir promo menarik

Rungan Nyaman

Mie Ayam Jamur Haji Mahmud mendekor outlet pertama mereka di jalan Abdullah Lubis dengan konsep ruangan terbuka yang dilengkapi kursi dan meja panjang berbahan kayu. Gak ketinggalan ada kipas angin di beberapa titik menjadikan suasana makan di outlet Mie Ayam Jamur Haji Mahmud semakin terasa nyaman. 

Tempatnya juga sangat bersih, sepanjang mata memandang tidak terlihat sampah berserakan. Ketika ada pengunjung yang sudah selesai menyantap makanannya, pramusaji segera sigap merapikan kembali meja makan tersebut.

Mie Ayam Jamur Haji Mahmud Medan
Suasana makan siang

Untuk yang butuh rungan ekslusive, Mie Ayam Jamur Haji Mahmud juga menyediakan ruangan tertutup yang nyaman lengkap dengan projector, TV, AC, microphone, whiteboardflipchart dan sound system. Ruangan kedap suara cocok banget untuk lokasi rapat, tambah lengkap lagi sambil nikmati mie ayam yang legend ini. Liat disini untuk tau lebih detail mengenai VIP Room

Mie Ayam Jamur Haji Mahmud Medan
Ruangan VIP

Komunitas ku pun pernah menggunakan ruangan VIP Mie Ayam Jamur Haji Mahmud, nyaman untuk berdiskusi dan kalau lapar pilihan makanan dan minumannya banyak.

Walau terletak di depan Masjid Aljihad, tapi Mie Ayam Jamur Haji Mahmud tetap menyediakan ruangan untuk sholat.

Mie Ayam Jamur Haji Mahmud Medan
Komunitas Blogger Medan

Inovasi Packaging

Kalau sudah ke Mie Ayam Jamur Haji Mahmud kurang lengkap rasanya kalau gak bawa pulang mie ayam jamurnya. Menurutku dari sisi desain kemasannya sangat eksklusiv dan mewakili brand Mie Ayam Jamur Haji Mahmud Medan. Dengan warna dominan coklat dan kuning seperti logonya, sekali liat orang lain langsung bisa tau kalau aku sedang bawa bungkusan dari Mie Ayam Jamur Haji Mahmud.

Mie Ayam Jamur Haji Mahmud Medan
Box mie ayamnya bisa langsung jadi mangkok untuk makan

Di tambah lagi inovasi packaging mereka sangat menarik, kemasannya sudah bisa langsung di gunakan sebagai pengganti mangkok. Ini yang menjadikan Mie Ayam Jamur Haji Mahmud bisa di makan dimana saja dan kapan saja karena gak perlu repot-repot lagi untuk mencari mangkok. Kalau bawa pulang ke rumah pun gak perlu ngotorin mangkok di rumah, langsung tuang kuahnya ke dalam box mie ayamnya di jamin kuahnya gak bocor kemana-mana.

Pelayanan Cepat Dan Sigap

Gak perlu ragu untuk datang ke outlet Mie Ayam Jamur Haji Mahmud saat jam makan siang, aku terbiasa datang di jam makan siang dan seringnya makan di lokasi. Para pramusajinya sangat cepat merespon ketika di panggil, cukup lambaikan tangan  langsung di datangi. Mereka selalu berdiri sambil matanya memandang ke para pengunjung, jadi ketika ada yang memanggil responnya langsung cepat walaupun di jam makan siang yang pengunjungnya biasanya sedang ramai-ramainya.

Mie Ayam Jamur Haji Mahmud Medan
Para pramusajinya sigap

Gak hanya cepat, para pramusajinya juga ramah. Kalau kamu bawa anak saat makan di Mie Ayam Jamur Haji Mahmud tenang aja karena tersedia high chair yang buat nyaman makan bareng anak.

Mudahnya Berinteraksi Dan Bertransaksi

Mie Ayam Jamur Haji Mahmud memfasilitasi pembelian langsung dan online, dengan pilihan pembayarannya secara tunai atau menggunakan e-banking dan e-wallet. 

Yang lagi pengen makan Mie Ayam Jamur Haji Mahmud tapi gak bisa datang langsung ke outlet nya, tenang aja Mie Ayam Haji Mahmud sudah tersedia di gofood dan grabfood. Mie Ayam Haji Mahmud saat ini tidak hanya berada di jalan Abdullah Lubis No. 57/71 tetapi juga ada di jalan Merak No.58 .

Semua hal ini sangat memudahkan konsumen untuk menjangkau produk dari Mie Ayam Jamur Haji Mahmud . 

Mie Ayam Jamur Haji Mahmud Medan
Ada cemilan UKM juga di samping kasir

Kalau kamu terlalu bingung mau nyobain varian menu apa? Saran aku yang pertama wajib di coba itu menu mie ayam jamur spesialnya, lalu kamu bisa cobain nih menu berdasarkan bulan kelahiranmu buat seru-seruan bareng temen. 

Mie Ayam Jamur Haji Mahmud Medan
Yok pilih menu mu

Aku menemukan gambar ini di sosmed Mie Ayam Jamur Haji Mahmud, bagus sih idenya untuk orang-orang yang suka bingung mau pesan apa. Sosmed Mie Ayam Jamur Haji Mahmud sangat aktif, jadi jangan lupa di follow ya sosmed mereka, biar selalu tau info terbaru dari Mie Ayam Jamur Haji Mahmud. Gak hanya melalui sosmed untuk info terbaru mengenai Mie Ayam Jamur Haji Mahmud juga dapat dilihat dari website mereka, yang tampilannya sangat user friendly.

Mie Ayam Jamur Haji Mahmud Medan
Catering untuk acara pentingmu

Mie Ayam Jamur Haji Mahmud juga menerima catering dengan harga mulai dari sebelas ribu rupiah, jadi moment pentingmu makin lengkap sambil menyatap hidangan dari  Mie Ayam Jamur Haji Mahmud.

Lokasi 

Saat ini Mie Ayam Jamur Haji Mahmud telah memiliki dua cabang di Kota Medan. Lokasinya antara lain ada di:

Medan - Jl. Abdullah Lubis No. 57/71
https://goo.gl/maps/mMRtzNkkgDkX573m6

Medan - Jl. Merak No.58
https://goo.gl/maps/ZV2gJV2ipiPhFPod7

Mie Ayam Jamur Haji Mahmud Medan
Mie Ayam Jamur Haji Mahmud

Harapanku Mie Ayam Jamur Haji Mahmud tetap mampu mempertahankan rasa dan kualitas serta terus berinovasi untuk produknya, insyaallah Mie Ayam Jamur Haji Mahmud semakin di kenal dan lekat di ingatan orang-orang yang pernah mencicipi nikmat rasanya yang melegenda. 

Sehingga saat ada wisatawan yang berkunjung ke Medan dan ingin menikmakti makanan enak di Medan, maka yang melekat kuat di ingatan mereka adalah Mie Ayam Jamur Haji Mahmud, salah satu wisata kuliner Medan yang wajib dikunjungi.

Mie Ayam Jamur Haji Mahmud mampu bertahan dari dulu hingga saat ini karena kemampuannya untuk terus berinovasi dan selalu mengikuti perkembangan zaman. Pantaslah Mie Ayam Jamur Haji Mahmud menjadi sebuah brand yang "Melegenda Dan Gaul" dan rasanya sukai orang tua hingga anak muda.

Di penutup ceritaku ini, aku mau kasih pantun untuk  Mie Ayam Jamur Haji Mahmud karena sedang berulang tahun yang ke-35 tahun. Semangat terus untuk berinovasi menjadi Mie Ayam Jamur Melegenda Dan Gaul, yang tidak hanya lekat di ingatan masyarakat seluruh Indonesia tapi juga international. Aamiin....

Mie Ayam Jamur Haji Mahmud Medan

Makan mie ayam dan juga salad
Makannya di atas kapal
Selamat ulang tahun Mie Ayam Jamur Haji Mahmud
Semakin melegenda dan gaul

Tiga puluh lima tahun umurmu
Berinovasi bersama-sama
Selamat bertambah usia mu
Jangan lupa traktirannya 

Oh iya ada video nih, saat aku berkunjung ke outlet Mie Ayam Jamur Haji Mahmud yang berada di Jalan Abdullah Lubis No 57. Biar kamu yang baca tulisan ini jadi bisa melihat lebih jelas suasana dan nikmatnya makanan di  Mie Ayam Jamur Haji Mahmud. 

Selanjutnya jadi semakin "ngiler" ingin datang langsung ke  outlet Mie Ayam Jamur Haji Mahmud Medan buat nyobain rasanya. Di tonton ya.

6 komentar untuk "Rekomendasi Wisata Kuliner Medan Yang Wajib Dikunjungi"

  1. Mie Ayam Mahmud ni mmg langganan awak dr masa Aliyah sampe kuliah dan menikah kak. Makanannya enak, harganya ramah dan dekat mesjid aljihad lagi. Mkn disini kyk membawa kenangan itu semua. Indah bikin kangen

    BalasHapus
  2. Dari dulu rasa mie ayam jamurnya gak pernah berubah, tetap enak di lidah. Emang legenda sih ini!!

    BalasHapus
  3. Makan mie ayam jamur Mahmud emang gak bosenin. Kemarin, baru makan mie ayam jamur Mahmud di Jl Merak, tempatnya oke. Ternyata sekarang ini sudah banyak outlet-outlet Mie Ayam Jamur Mahmud.

    BalasHapus
  4. Hujan hujan enak kali makan mie ayam pakai sate kerang. Laperrrrr, Kakkkkk

    BalasHapus
  5. Mi ayam jamur h.mahmud emang tiada duanya sih. Terakhir kali aku makan di itu pas banget suasana hujan masih pagi. Enak bangetttt

    BalasHapus
  6. Mie ayam jamur haji mahmud gak lawan sih memang. Tempatnya pun strategis juga dekat mesjid al-jihad jadi kalau abis makan mau sholat dekat tinggal nyebrang. Rekomen banget sih ini

    BalasHapus