Lompat ke konten Lompat ke sidebar Lompat ke footer

Nyesel Beli Rice Cooker Stainless?

Nyesel Beli Rice Cooker Stainless? - Semenjak menjadi istri sekaligus menjadi ibu rasanya aku sudah terbiasa dengan segala macam peralatan dapur, terutama peralatan untuk memasak karena kegiatan ini selalu aku lakukan sehari-hari di rumah. 

Dari jaman masih gadis hingga menikah aku terbiasa menggunakan alat masak anti lengket. Ada perasaan nyaman ketika memasak ikan dengan mudah tanpa susah payah membaliknya, melihat masakan tampil cantik karena penggunaan anti lengket membuat masakkan sempurna tanpa cobel-cobel akibat lengket di penggorengan.

Rice Cooker Stainless Sanken

Begitu pula dengan rice cooker, aku sangat akrab sekali dengan rice cooker anti lengket. Mamaku terbiasa pakai rice cooker anti lengket hingga saat aku menikah, aku pun menggunakan rice cooker anti lengket.

Aku gak pernah mencoba menanak nasi pakai panci kukusan, bukan gak mau tapi karena gak bisa dan gak mau belajar juga sih lebih tepatnya. Urusan menanak nasi aku percayakan pada rice cooker anti lengket. 

Pokoknya aku tinggal cuci beras, masukkan air, pencet tombol cook dah beres nasi pun matang sempurna tanpa drama nasi berkerak atau lengket di pot rice cookernya. Namanya aja sudah rice cooker anti lengket ya, pasti yang diharapkan nasi gak berkerak lengket di pot penanaknya ya kan. 

Tapi hubungan ku dengan rice cooker anti lengket ternyata gak selancar jalan tol. Suatu hari aku ngeliat postingan orang-orang di instagram yang berseliweran tentang bahaya alat masak anti lengket. Aku gak pernah niat mencari, tapi nyatanya fakta itu terus terbaca hampir setiap hari di waktu itu. 

Ada aja akun yang berbeda-beda yang memposting atau sekedar share di story tentang masalah kesehatan terkait dengan penggunaan alat masak anti lengket. Dan mulai lah aku mencoba mencari informasi di google, yang ternyata hasilnya sangat membuatku khawatir.

Bahaya Lapisan Anti Lengket

Lapisan anti lengket sebenarnya aman ya mom, karena kan udah ada uji laboraturiumnya juga. Tapi keamannya itu gak abadi, ketika lapisan anti lengket rusak (tergores / terkelupas misalnya) maka alat masak anti lengket tersebut menjadi berbahaya. 

Berikut bahaya lapisan anti lengket yang rusak atau terkelupas:
  1. Karsinogenik. 
    Lapisan anti lengket pada panci rice cooker biasanya terbuat dari bahan kimia yang disebut PFOA atau asam perfluorooctanoic, yang juga digunakan untuk membuat wajan teflon. Bahan ini diduga dapat melepaskan zat berbahaya yang disebut karsinogenik, yang dapat memicu kanker jika tercampur dengan nasi.
  2. Kerusakan ginjal dan hati.
    Selain karsinogenik, bahan kimia lain yang terkandung dalam lapisan anti lengket adalah PFAS, yang menurut Badan Perlindungan Lingkungan AS dapat menyebabkan risiko kesehatan serius, seperti kerusakan ginjal dan hati.
  3. Masalah kesuburan.
    Zat karsinogenik juga dapat mengganggu sistem hormon dan reproduksi, sehingga dapat menimbulkan masalah kesuburan pada pria dan wanita.
Sebegitu bahayanya ternyata lapisan anti lengket yang sudah rusak jika tetap di pakai. Mengetahui hal ini, aku jadi sangat merasa bersalah karena tetap mempertahankan dan memakai rice cooker yang lapisan anti lengketnya sudah rusak. Langsung kebayang betapa berbahayanya zat yang masuk ketubuh keluarga kami.

Namun ketika sudah tau bahayanya jika memasak menggunakan pelapis anti lengket yang terkelupas, aku gak langsung mengganti rice cooker milik ku. Alasannya karen aku bingung, harus ganti rice cooker apa? Pakai lapisan yang jenis apa terus merk apa juga? Banyak sekali pilihan yang akhirnya buat pusing juga.

Alat Masak Berbahan Stainless 

Ditengah kegalauan masalah rice cooker yang pelapis anti lengketnya sudah rusak tapi gak kunjung aku ganti, aku melihat salah seorang teman yang sharing tentang alat masak berbahan stainless. Ternyata stainless steel mempunyai kelebihan tahan karat, kuat, tahan terhadap goresan dan mudah dibersihkan.

Aku yang dulunya hanya tau alat masak berbahan stainless itu pisau atau panci untuk kukusan akhirnya jadi tau ternyata sudah ada rice cooker yang bagian inner potnya berbahan staineless.

Setelah cukup lama menimbang dan berpikir, aku memutuskan untuk mengganti rice cooker ku dan membeli rice cooker dengan innerpot berbahan stainless. Walau saat itu aku mendapati kesimpulan rice cooker dengan bahan stainless besar kemungkinan nasi bakal lengket atau bisa berkerak. 

Belum lagi saat itu aku ngeliat komen orang-orang di review rice cooker stainless, ada yang bilang juga nasi jadi cepat basi lah atau berubah warna menjadi kuning. Aduh walau galau, tapi tekad ku sudah bulat untuk ganti rice cooker stainless. Pokoknya harus ganti rice cooker stainless !!!!

Rice Cooker Stainless

Udah fix nih mau beli rice cooker stainless merk X, mikirnya udah berminggu-minggu sampai liat reviewnya di youtube bolak balik biar makin yakin nih ceritanya. Eh begitu di cari, ternyata rice cooker inceranku yang "merk X" tersebut sudah langkah. 

Banyak penjual yang bilang kalau rice cooker tersebut sudah gak di produksi lagi karena barangnya sulit dicari. Tapi aku gak nyerah dong, keliling kota medan demi rice cooker baru dari satu toko ke toko lainnya tapi ternyata rice cooker inceranku tetap gak ketemu.

Akhirnya aku galau lagi, selama seminggu pusing mikirin mau ganti rice cooker merk apa.

satu hingga dua minggu kemudian.... 

Sanken Rice Cooker Stainless

Setelah mencoba mencari ulang lagi dan memutuskan ulang mau beli merk apa. Pilihanku jatuh ke rice cooker stainless dari sanken. Aku mempunyai beberapa alasan kenapa akhirnya memutuskan memilih rice cooker merk sanken.

Rice Cooker Stainless
Alasan Memilih Rice Cooker Stainless Sanken

  1. Rice cookernya tersedia di Kota medan dan cukup mudah dicari di setiap toko elektronik.
  2. Tidak hanya untuk memasak nasi, rice cooker sanken juga memiliki fungsi 6 in 1. Di antaranya: memasak sup, bubur, aneka tumisan, makanan kukusan, menggoreng nasi dan masakan rumah tangga lainnya.
  3. Bahan stainless food grade dengan lambang stainless 304 di bagian dalam inner potnya.
  4. Dari review di youtube, ku liat banyak komen positif mengenainya. Jadi semakin yakin untuk memilih merk ini.
  5. Desainnya cakep, gak norak jadi enak di pandang mata.
  6. Penting bagi ku jika membeli barang elektronik harus lah dicoba langsung, dicek langsung sebelum membeli. 

Saat membeli rice cooker sanken ini, perasanku campur aduk. Aku beneran takut nyesel beli rice cooker stainless. Dan saat pertama kalinya memasak nasi dengan rice cooker stainless, wow rasanya deg-degan luar biasa. Muncul ketakutan nasi jadi lengket berkerak atau nasi cepat basi.

Rice Cooker Stainless
Ternyata ketakutan ku saat memutuskan untuk membeli rice cooker stainless gak terbukti, setelah menggunakan rice cooker stainless yang aku rasakan:

  • Rasa nasi tetap terasa sama dengan pengunaan rice cooker yang ada lapisan anti lengketnya, gak berbeda sama sekali.
  • Nasi tidak terlalu lengket atau berkerak di bagian inner potnya.
  • Lebih tenang di setiap suapan, karena gak lagi takut dengan drama lapisan anti lengket yang terkelupas.
  • Sangat mudah di bersihkan. Tinggal rendam kurang lebih 10 menit, lalu gosong dengan spon cuci piring bagian inner pot stainlessnya sudah bersih kembali.

Tapi namanya barang elektronik ya, gak ada yang sempurna. Rice cooker sanken stainless menurutku tetap memiliki kekurang, tapi tidak mengganggu fungsinya.

Kekurangan Rice Cooker Stainless Sanken

1. Tempat keluar uap panas saat proses memasak nasi mengeluarkan air cukup banyak, sehingga bagian sekitaran lubang di tutup rice cookernya jadi kotor setiap selesai proses menanak nasi. Kalau risih liat rice cooker kotor, jadi harus sering di lap sih.

Rice Cooker Stainless

2. Karena bahan luarnya di lapis dengan lapisan seperti stainless jika terciprat air atau minyak langsung keliatan kotor (aku gak tau bagian luar rice cookernya itu stainless atau hanya di beri lapisan saja). Solusisnya masih sama, harus rajin di lap pastinya.

Setelah pemakaian selama empat bulan, hanya kedua point itu saja kekurangan yang aku rasakan. Terkait nasi yang cepat kering atau basi ketika menggunakan rice cooker stainless aku ada tipsnya nih. Sebenarnya tips ini sudah aku pakai sejak masih pakai rice cooker anti lengket sih.

Tips Menggunakan Rice Cooker Stainless

Agar nasi yang di masak menggunakan rice cooker stainless tetap tahan lama serta minim drama, ini cara yang selalu aku pakai.

1. Setelah nasi matang, biarkan tetap menyala selama 15 menit atau maksimal 30 menit setelah itu cabut kabelnya. Tujuannya agar nasi tidak terlalu panas. Nah nanti ketika mau makan lagi, jika suka dengan nasi yang hangat bisa di panaskan lagi terlebih dahulu.

2. Rice cooker stainless emang lebih berair di bagian innerpotnya ketika sudah dingin. Nah terlalu banyak air ini membuat nasi cepat basi. Hal biasa aku lakukan yaitu sering-sering menghangatkan nasi di rice cooker. 

Misal nih ya, aku masak nasi sekitar jam 09.00 wib setelah itu rice cooker aku matikan. Nah ketika menjelang makan siang, aku panaskan kembali rice cookernya selama 30 menit. Namun di jam makan malam, aku jarang sih memanaskan nasi karena di rumah sudah terbiasa makan nasi dingin (yang penting lauknya panas sih kalau di rumah ku ya). Kalau masih ada sisa, sebelum tidur nasi di rice cookernya bisa di panaskan kembali. 

Dengan cara seperti ini aku gak pernah mengalami drama nasi basi sih. Kalau di pagi harinya si nasi masih belum habis, ya kembali aku panaskan nasinya. Tapi saran ku masak lah nasi secukupnya, jadi gak perlu di panaskan berkali-kali

Rice Cooker Stainless Sanken

Aku Dan Penyesalanku

Aku rasa, aku benar-benar menyesal beli rice cooker stainless. Menyesal kenapa gak dari dulu aku pakai rice cooker yang berbahan stainless. Begitu lama bertahan dengan rice cooker anti lengket yang sudah terkelupas, kalau keinget rasanya masih sedih karena aku terlalu lama sadarnya.

Dengan menggunakan rice cooker berbahan stainless harapannya semoga lebih awet ya jadi gak perlu ganti rice cooker berkali-kali, terus lebih tenang pastinya. Jadi gak ada rasa was-was lapisannya terkelupas.

Perlahan-lahan, aku juga mulai mengganti piring makan dirumah. Dulu anak sering pakai piring makan dari bahan plastik, sekarang lebih sering menggunakan piring makan berbahan stainless atau kaca.

Kalau ada yang pakai rice cooker stainless juga, komen dong pengalamannya menggunakan rice cooker tersebut. 

2 komentar untuk "Nyesel Beli Rice Cooker Stainless?"

  1. Sekilas desainnya kayak presto. Kalau noda di stainless kata chef Vindy slay (taukan kakak?) bisa dilap dengan cuka kak.

    BalasHapus
  2. Noted pokoknya tandai ntr beli ricecooker stainles ini aja dahh

    BalasHapus