Lompat ke konten Lompat ke sidebar Lompat ke footer

Pentingnya Pendidikan Anak Usia Dini

Pentingnya Pendidikan Anak Usia Dini | Peran orangtua sangat penting dalam pendidikan anak karena orangtua adalah figur yang menjadi contoh bagi anak. Hal ini dikarenakan sebagian besar kehidupan anak ada di dalam keluarga, sehingga pendidikan yang paling banyak di terima anak tentunya pendidikan dari keluarga.

Usia dini merupakan usia yang paling tepat untuk menanamkan pendidikan kepada anak. Karena jika pada masa ini karakter setiap anak dapat terbentuk dengan baik, maka kelak di masa depannya anak akan menjadi generasi yang berkarakter kuat. Hal inilah yang menyebabkan pendidikan anak usia dini menjadi fondasi yang kuat untuk menegakkan karakter anak di masa depan. Semakin baik kualitas pendidikan anak usia dini, semakin baik juga fondasi kecerdasannya.

Namun tidak setiap orangtua mempunyai kesadaran mengenai pendidikan anak. Tentang pentingnya peran orang tua dalam memfasilitasi pendidikan anak-anaknya. Hal ini lah kemudian yang menggerakkan ibu Rusmawati, seorang wanita yang memperjuangkan hak pendidikan bagi setiap anak.

Sosok Ibu Rusmawati

Semangatku dalam mendidik anak ku di rumah terinspirasi dari seorang wanita yang juga mempunyai semangat untuk menyebarkan pendidikan sedini mungkin untuk anak-anak.

sumber foto: ebook satu indonesia awards - inspirasi para penerang negeri

Rusmawati, seorang pejuang wanita kelahiran Desa Bingkat, 2 Februari 1976 adalah salah satu sosok yang menginspirasi di bidang pendidikan. Semua berawal sejak beliau bertugas sebagai staf lapangan di Yayasan Harapan Desa Sukasari (Hapsari) pada 1998.

Pada saat itu, Ibu Rusmawati melihat pendidikan anak-anak di masyarakat pesisir Kecamatan Teluk Mengkudu sangat memprihatinkan. Para ibu disana umumnya tidak tamat sekolah dasar ataupun sekolah menengah pertama yang mengakibatkan kurangnya kepedulian mereka  terhadap pendidikan anak-anaknya. Hal ini lah yang kemudian menggerakkan ibu Rusmawati untuk membantu agar anak-anak di Kecamatan Teluk Mengkudu mendapat pendidikan yang layak.

Untuk mewujudkan rencananya, ibu Rusmawati mencoba berdiskusi dengan para ibu-ibu yang ada di desa tersebut. Namun respon yang di dapatnya kurang baik, banyak ibu-ibu yang menolak dengan alasan ekonomi. Alhamdulillah ada beberapa ibu yang menanggapi secara positif rancana ibu Rusmawati, mereka kemudian sepakat untuk mendirikan tempat belajar di Desa Pekan Sialang Buah yang diberi nama Sanggar Belajar Anak (SBA) Melati.

Awal mulanya, tempat belajar anak-anak di teras musolah dengan 25 orang anak yang belajar disana. Dari tahun ke tahun jumlah siswa semakin banyak hingga teras musolah pun tidak cukup lagi. Maka pada tahun 2003, pada warga bersedekah dan berzakat untuk membangun gedung sekolah SBA Melati.

sumber foto: ebook satu indonesia awards - inspirasi para penerang negeri

Tapi niat baik gak selamanya berjalan mulus, perangkat desa menganggap SBA Melati yang didirikan ibu Rusmawati ilegal karena tidak berizin. Mereka merujuk kepada UU No.20 Tahun 2003 tentang Sistem Pendidikan Nasional yang mengatur tentang sistem dan izin  pendirian lembaga pendidik untuk anak-anak usia dini seperti Kelompok Bermain (KB), Pendidikan Anak Usia Dini (PAUD) hingga Taman Kanak-kanak (TK).

Total sudah 12 SBA yang dibuka oleh Ibu Rusmawati di empat kecamatan yang ada di Kabupaten Serdang Bedagai pada tahun 2006. Kemudian pada tahun 2007, ia mulai mengurus perizinan SBA yang sudah berdiri agar dapat terus beroperasi. Tercatat ada delapan SBA yang mengantongi izin yang kemudian berganti nama menjadi PAUD.

Tahun 2009, pemerintah desa meminta sebagian SBA yang didirikan ibu Rusmawati agar bisa dikelola oleh aparat desa. Hingga dari 12 SBA yang ada,hanya delapan yang dikelola sendiri karena lainnya di serahkan untuk di kelolah oleh aparat desa setempat.

sumber foto: ebook satu indonesia awards - inspirasi para penerang negeri

SBA yang didirikan oleh ibu Rusmawati di empat kecamatan di Kabupaten Serdang Bedagai telah meluluskan 1.000 siswa. Maka dari semua dedikasinya untuk pendidikan, pantas lah sosok ibu Rusmawati sebagai salah satu penerima Apresiasi Satu Indonesia Awards tahun 2011 dari Astra Indonesia.

Apresiasi Satu Indonesia Awards

Astra mengajak seluruh anak bangsa Indonesia untuk semangat melaju  bersama menjadi potret inspirasi dalam memajukan bangsa melalui Satu Indonesia Awards. Apresiasi ini Astra berikan kepada anakbangsa yang senantiasa memberikan manfaat bagi masyarakat dalam lima bidang yaitu pendidikan, kesehatan, lingkungan, kewirausahaan dan teknologi, serta satu kategori yang mewakili  lima bidang tersebut.

Dewan juri Satu Indonesia Awards

Ajang ini merupakan kontribusi grup Astra untuk berperan aktif meningkatkan kualitas hidup masyarakat Indonesia melalui karsa, cipta dan karya terpadu lewat produk serta layanan yang unggul dan kontribusi sosial yang berkelanjutan. 

Posting Komentar untuk "Pentingnya Pendidikan Anak Usia Dini"