Lompat ke konten Lompat ke sidebar Lompat ke footer

Investasi Aman Bersama Stockbit

Investasi Aman Bersama Stockbit | Bicara soal investasi dari jaman kecil aku taunya investasi itu ya menabung untuk jangka panjang. Semangat menyisihkan sebagian penghasilan tentunya sudah ada sejak dulu, hanya setiap jaman tentu berbeda trend investasinya. Orang tua dari jaman dulu kalau mau nabung (investasi) biasanya sih nabung emas, yang kemudian akan dijual ketika harga emas sedang naik. Dan yang lebih rendah nilai penyusutannya adalah emas batangan tentunya, karena jika tabungan jenis perhiasan maka akan ada pemotongan biaya pembuatannya.

Tapi di tahun 2022 ini sudah banyak sekali pilihan investasi yang mudah untuk dilakukan, salah satunya investasi saham. Kita sebagai konsumen memang harus lebih aktif untuk belajar agar tetap bisa berinvestasi secara aman dan nyaman.

Investasi Aman Bersama Stockbit
aku bersama teman-teman Blogger Medan belajar investasi bareng Stockbit

Apa Itu Investasi Saham?

Investasi saham ialah aktivitas penanaman modal dalam suatu perusahaan yang mana seseorang yang mempuyai saham di perusahaan tersebut memiliki klaim atas aset dan penghasilan dari perusahaan tersebut. Keuntungan dari investasi saham ialah laba atas modal awal berserta peningkatan ekonomi nilai asetnya, yang diharapkan akan meningkat seiring waktu. 

Kenapa harus investasi?

1. Inflasi
Harga kebutuhan yang terus beranjak naik. 
Harga barang naik dan nilai mata uang yang turun, akan berakibat seseorang membeli barang yang sama namun dengan nilai mata uang yang berbeda. Misalkan tadinya sebuah keluarga hanya butuh uang seratus ribu untuk belanja bulanan, bisa saja beberapa tahun kedepan mereka akan butuh uang dua ratus ribu untuk belanja bulanan dengan barang yang sama.

2. Human life cycle
Gaya hidup juga berpengaruh loh.
Misalnya nih saat masih single kehidupan hanya ada tanggungan pada diri sendiri, sedangkan ketika sudah berkelurga tanggungan sudah bertambah tidak lagi soal diri sendiri. Jadi walaupun pendapatan banyak tapi pengeluaran juga banyak pastinya.

3. Financial freedom
Menghadapi masa pensiun
Mungkin sebagian orang ada yang mendapatkan dana pensiun dari tempat ia bekerja sebelumnya. Tapi dana yang didapat saat pensium nilainya belum tentu sama dengan di tahun-tahun berikutnya.

Investasi Aman Bersama Stockbit
Salah satu dampak dari inflasi

Resiko Investasi Saham

Segala bentuk investasi pasti ada resikonya
Meski berpontesi memberikan keuntungan yang besar, investasi saham juga memiliki resiko. Maka dari itu sebelum memulai investasi saham ada baiknya mempelajari resiko-resiko yang ada agar lebih tenang dalam berinvestasi. 

Resiko investasi saham diantaranya:

1. Potensi kerugian akibat pergerakan saham yang sangat fluktuatif sehingga harga jual dapat sewaktu-waktu merosot.

2. Ketika perusahaan bangkrut. Saat itu terjadi, pemegang saham biasa hanya akan mendapat sisa harta perusahaan setelah semua kewajibannya dilunasi. 

3. Perusahaan mengalami delisting atau dihapus dari bursa saham oleh BEI sehingga investor harus menjual semua sahamnya tidak peduli meskipun nilai jualnya sedang turun.

Maka dari itu, sebelum memulai investasi saham harus mempertimbangkan tujuannya dengan bijak pastiya.

Berinvestasi Saham Online?

Di jaman yang serba digital ini, berinvestasi saham juga menjadi sangat mudah yakni bisa dilakukan secara online pastinya. 

Investasi saham secara online mempunyai manfaat, antara lain:

1. Kemudahan saat berinventasi 
Dengan smartphone, kamu udah bisa bertransaksi saham secara online. Hal ini bisa dilakukan dengan menggunakan aplikasi. Ada banyak aplikasi jual beli saham yang tersedia, salah satunya stockbit. 

Selain lebih mudah, berinvestasi secara online juga memberikan kenyamanan ekstra karena segalanya dapat dilakukan sendiri. Sambil bersantai pun tetap bisa banget loh berinvestasi. Kini berinvestasi tidak perlu lagi dengan tumpukan kertas yang akan membuat pusing. Tampilan aplikasi yang sederhana serta cara kerja yang mudah dipahami, tentunya mempermudah investor dalam bertransaksi.

2. Pantau investasi kapan saja
Berinvestasi di era digital membuat segalanya menjadi lebih mudah, salah satunya saat ingin memantau perkembangan investasi secara realtime. Atau juga saat ingin mengetahui topik yang sedang trending di media sosial. Semua hal tersebut kini dipermudah dengan aplikasi investasi di smartphone.  Berinvestasi saham dengan aplikasi saham secara online, semua transaksi lebih mudah dimonitor secara realtime.

3. Informasi transparan
Seluruh informasi jelas dan transparan mengenai harga jual dan harga beli saham terkini. Dan di dalam aplikasi saham online sudah tersedia data laporan keuangan dan perhitungan rasio keuangan, sehingga dapat dengan mudah melakukan analisis.

4. Modal Kecil
Bagi investor pemula yang masih belajar berinvestasi, modal berinvestasi kadang menjadi kendala. 
Nah dengan berinvestasi secara online, modal kecil pun tetap bisa berinvestasi. Investor yang ingin belajar melakukan pengembangan dana dengan modal yang relatif kecil maka risiko yang yang didapatkan akan lebih bisa ditoleransi.

Stockbit, Investasi Online Dengan Aman

Stockbit adalah one-stop platform investasi saham. Selain menjadi wadah untuk berdiskusi dan update berita terkini seputar saham, Stockbit juga berfungsi sebagai platform riset dan analisis investasi.

Investasi Aman Bersama Stockbit
Keunggulan stockbit, adanya stockbit academy yang memudahkan para pemula untuk belajar berinvestasi


Tersedia berbagai tools analisis untuk memudahkan pengalaman berinvestasi:

1. Reports
Pantau informasi penting emiten atau fakta material yang disajikan sesuai dengan jenis dan kategori

2. Financials
Analisa cepat dan akurat dengan rangkuman data keuangan terlengkap dan terpercaya

3. Chartbit
Platform charting kelas profesional untuk monitor harga saham

4. Screener
Filter emiten terbaik yang paling cocok untuk gaya investasimu

5. Bandar Detector
Pantau ke mana arah uang berdasarkan jejak bandar

Keunggulan Trading di Stockbit 

1. Registrasi Tanpa Minimum Deposit
Tidak ada syarat minimum deposit dana, jadi bisa mulai investasi tanpa modal besar.

2. Gratis Stockbit Pro
Dapatkan akses fitur stock screener, Fundachart, dan data finansial lengkap tanpa biaya tambahan.

3. Biaya Broker Murah
Fee beli 0,1% dan fee jual 0,2%.

4. Buka Rekening 1 Hari Kerja
Semua proses pembukaan rekening dilakukan secara online tanpa perlu mengirimkan dokumen fisik.

5. RDN BCA dan Bank Jago
Deposit dana lebih aman dan mudah menggunakan bank BCA dan Bank Jago.

6. One-Stop Investment Journey
- Desain modern memudahkan transaksi beli-jual saham hanya dengan 3 langkah. Cukup Swipe, Order, Done.
- Fitur Stream menyajikan kemudahan diskusi dan update isu seputar saham bersama komunitas Stockbit.
- Belajar saham dari 0 secara gratis dengan modul teks dan video di Stockbit Academy
- Analisis saham menggunakan fitur analitik Fundamental dan Technical di Stockbit Pro

Keamaan Berinvestasi Saham di Stockbit

Sebelum memulai berinvestasi di aplikasi trading saham, tentu ada beberapa hal yang harus diperhatikan yaitu jaminan keamanan dana. Dan Stockbit menjadi aplikasi trading saham yang menjamin keamanan dana nasabah karena:

1. Terdaftar di OJK
Stockbit adalah aplikasi saham terpercaya. Semua transaksi saham di Stockbit melewati perusahaan sekuritas, Stockbit Sekuritas, yang sudah dipercaya dan diawasi oleh OJK dengan nomor izin KEP-132/PM/1992.

Stockbit juga telah terdaftar di Kustodian Sentral Efek Indonesia (KSEI). Dengan begitu, kepemilikan harta terkait efek yang dimiliki oleh para investor terjaga keamananya.

2. Dana aman tersimpan di RDN
Rekening dana nasabah (RDN) adalah perantara untuk melakukan transaksi di pasar modal. RDN Semua dana akan disimpan di rekening terpisah di Rekening Dana Nasabah (RDN) atas nama kamu sendiri, sehingga tidak dapat disalahgunakan oleh pihak lain.

3. Sistem keamanan berlapis
Stockbit memiliki teknologi Smart Login yang dilengkapi dengan teknologi keamanan biometrik sidik jari dan wajah. Dengan begitu, akses masuk ke akun trading menjadi lebih aman.
Setiap aktivitas beli-jual saham membutuhkan konfirmasi kode PIN terlebih dahulu, menjadikan transaksi jadi lebih aman. Dan, semua askses ke data pribadi terlindungi oleh PIN.

Jika Stockbit Berhenti Beroperasi

Saat sesi zoom aku juga sempat bertanya sebuah pertanyaan "bagaimana jika seandainya aplikasi stockbit tutup dan berhenti beroperasi" dan jawabannya cukup menenangkan.
Karena tidak perlu khawatir dana deposit disalahgunakan pihak Stockbit, jika Stockbit berhenti beroperasi dan tidak lagi menjadi platform beli-jual saham. Uangmu akan tetap aman karena ditempatkan di rekening dana nasabah (RDN). 
Rekening ini dibuat saat registrasi akun trading menggunakan namamu sendiri, bukan atas nama Stockbit ataupun sekuritas. Sementara saham yang kamu pegang, ditempatkan di Kustodian Sentral Efek Indonesia (KSEI).

Stockbit sebagai aplikasi saham sekaligus sekuritas, adalah perantara untuk memudahkan transaksi jual beli saham. Jadi, kamu tetap memiliki saham, dan bisa mencairkan dana dari RDN, meski layanan Stockbit berhenti beroperasi.

Informasi lebih lanjut mengenai Stockbit, bisa kamu liat blog mereka ya " Stockbit Investasi Saham"

Kesimpulan

Dari segala informasi yang diberikan mengenai investasi yang aman dan nyaman, kesimpulanku ketika ingin memulai investasi saham ialah:

1. Investasi harus disertai dengan pemahaman atau riset yang mendalam dan tidak tergesah-gesah, termasuk mengenai objek investasi yang paling potensial untuk dipilih.
2. Pertimbangkan jangka waktu dalam investasi.
3. Mengetahui dan menilai jumlah modal yang bisa disiapkan. Gunakan lah uang dingin (bukan uang yang dipakai untuk kebutuhan sehari-hari atau tabungan penting lainnya)
4. Memahami resiko yang sebagai investor dan jenis investasi yang telah dipilih.

3 komentar untuk "Investasi Aman Bersama Stockbit"

  1. Udah aman, praktis lagi ya.

    BalasHapus
  2. Jaman sekarang sih sebisa mungkin maunya bisa investasi yang aman dan bisa menghasilkan ya, dek. Udah buka rekening juga donk di Stockbit, smoga bisa konsisten deh berinvestasinya nih.

    BalasHapus