Cara Membuat Play Dough Aman Untuk Anak

20.40

Mom Blogger Medan mau berbagi resep mainan yang buatnya gampang dan bahannya juga mudah di dapat nih. Simak terus tulisannya sampai akhir ya.

Plastisin atau yang lebih akrab dikenal dengan nama play dough emang jenis permainan yang gak ada matinya, selalu asik dimainkan sendiri ataupun bersama. Permainan ini juga sudah ku mainkan sedari kecil dan sekarang di mainkan juga oleh anakku. 

Yang membuat play dough menjadi mainan yang menyenangkan itu, karena teksturnya yang lembut dan mudah diatur. Sehinggah bisa dengan bebas dibentuk berbagai macam benda dan di kreasikan sesuai imajinasi.

Cara membuat play dough yang aman untuk anak
Play dough hasil rumahan

Dulu sewaktu kecil, aku sih taunya namanya lilin malam. Yang kalau di mainkan akan meninggalkan noda di tangan, berminyak dan juga meninggalkan bau. Tapi namanya masih anak-anak ya dulu aku santai aja mainnya, malahan sering minta belikkan banyak warna.

Kalau saat ini, play dough yang ramah anak  dan bebas pengawet juga sudah  ada dijual di pasaran. Tapi aku jadi kepikiran, kenapa tidak mencoba membuatnya sendiri saja. Tentu aku pribadi akan merasa lebih aman dan nyaman karena aku tau tiap proses pembuatannya.

Dari pencarian cara membuat play dough dan hasil coba-coba akhirnya aku menemukan resep play dough yang teksturnya mirip seperti play dough pabrikkan yang sudah terkenal. Lembut, mudah diatur dan tidak mudah mengeras.

Ada dua resep yang aku tulis, silahkan pilih mana yang dirasa lebih cocok ya. Karena berdasarkan hasil percobaan ku, kedua resep ini sama bagusnya.

Berikut ini, bahan dan langkah yang dilakukan untuk membuat play dough yang aman untuk anak

Resep pertama, dengan tambahan cream of tar tar

Bahan
1. 1 cup tepung
2. 1 sdm minyak goreng
3. 1/2 cup garam
4. 2 sdm cream of tar tar
5. 1 cup air
6. pewarna makanan sesuai selera

Alat
1. Cup beras (bawaan rice cooker)
2. sendok
3. sauce pan




Langkah membuat
1. Terlebih dahulu campurkan seluruh bahan ke dalam sauce pan sambil di aduk hinggah rata. Hasil pencampuran adonan di atas akan menghasilkan adonan yang sedikit cair, tapi tenang saja karena saat di panaskan adonan lama kelamaan akan menggumpal dan membentuk tekstur play dough.
2. Nyalakan kompor dan gunakan api kecil sambil terus mengaduk adonan hinggah tekstur adonannya menjadi kenyal dan lembut.
3. Jika adonan dirasa masih lengket, silahkan tambahkan tepung sedikit demi sedikit hinggah didapatkan tekstur yang di inginkan.
3. Siap di mainkan bersama.


Adonan yang dihasilkan bagus banget, aku suka dengan teksturnya. Cara membuatnya juga cukup mudah di lakukan sendiri. Namun karena dalam pembuatan play dough ini tidak menggunakan bahan pengawet tentunya ada beberapa hal yang harus diperhatikan, di antaranya
1. Play dough hanya bertahan beberapa bulan, jika penyimpanannya cukup baik dan bersih maka akan memperpanjang umur simpan.
3. Pastikan bermain play dough ditempat yang bersih.
4. Simpan play dough dalam wadah yang tertutup rapat.
5. Periksa selalu play dough sebelum dimainkan anak, karena dibuat tanpa bahan pengawet play dough akan sangat mudah berjamur dan berbau. Jika sudah terlihat perubahan, segera buang ya mom

Catatan:
Resep di atas menggunakan cream of tar tar agar tekstur dari adonan lebih kenyal dan tidak mudah putus serta lebih mudah di bentuk ketika di mainkan.


Cara membuat play dough yang aman untuk anak
Salah satu cara memainkan play dough versi aku

Resep kedua, tanpa cream of tar tar

Bahan
1. 100 gr tepung
2. 50 gr garam
3. 5 sdm tepung maizena
4. 2 sdm minyak goreng
5. 2 sdt cuka masak
7. Pewarna makanan
6. Air. Tambahkan sedikit demi sedikit nanti ya, sesuaikan dengan tekstur adonan saja

Langkah membuat
1. Campur semua bahan, lalu tambahkan air sedikit demi sedikit. Karena adonannya ingin aku masak terlebih dahulu, maka airnya aku lebihkan, sehingga tekstur adonan menjadi sedikit berair (kental).
2. Panaskan adonan dengan api kecil, sambil terus di aduk. Gak nunggu waktu lama, cairan di adonan akan berkurang dan membentuk adonan play dough.

Kalau menurut aku pribadi adonan di atas teksturnya tidak selembut yang dengan tambahan cream of tar tar, tapi masih oke buat dimainkan. Gak gampang patah-patah juga adonanya.
Aku pernah juga buat adonan play dough yang tidak dimasak, hasilnya adonan jadi cepat basi dan harus segera dibuang, jadi setiap buat play dough aku selalu memasaknya terlebih dahulu. 
Pernah juga buat adonan play dough tanpa tambahan garam, hasil adonan jadi lebih basah dan cepat basi walau sudah dimasak.

Cara membuat play dough yang aman untuk anak
main play dough sambil ngajarin soal gigi ke ay

Kalau untuk ide bermain dengan play dough sendiri ada banyak banget. Jujur dulu aku taunya play dough buat bentuk-bentuk benda. Namun sekarang ternyata playdoh juga asik digunakan untuk belajar matematika, untuk melatik sensori anak, bermain tebak-tebakan dan bisa juga untuk bermain peran tentunya.


You Might Also Like

4 comments

  1. Pingin coba juga buat play dough, mulai usia brp KK ay main ini? Kalau buat sepertinya lebih aman soalnya anak masih suka masuk kemulut

    BalasHapus
    Balasan
    1. Dari mulai bisa duduk mandiri faiza, waktu itu buatnya cuma pakai tepung sama air aja. Terus pas tambah besar, baru mulai dimodifikasi adonannya

      Hapus
  2. hmmmmmmmmm jadi pengen buat. buat... siapa ya

    BalasHapus
    Balasan
    1. buatkan untuk kami aja tante, ntar kita main sama-sama

      Hapus