Lompat ke konten Lompat ke sidebar Lompat ke footer

Gerakan Pemanasan Sebelum Berenang Untuk Anak

Apa saja gerakan pemanasan yang dilakukan sebelum berenang? Mencegah Kram dan Cedera! Ajarkan Gerakan Pemanasan Ini Pada Anak Sebelum Renang.

Apa saja gerakan pemanasan yang dilakukan sebelum berenang?

Olahraga renang merupakan salah satu jenis olahraga yang memberikan segudang manfaat bagi si buah hati. Tak jarang juga banyak anak-anak yang menyukai olahraga renang karena mengasyikkan bisa bermain bebas dengan air, apalagi jika ditambah dengan wahana-wahana yang sangat menarik perhatian sang anak.

Renang sangat penting bagi pertumbuhan sang buah hati. Disamping sebagai olahraga, renang juga bisa membuat suasana hati sang anak menjadi lebih baik dibanding sebelumnya. Dengan berenang, anak bisa merasakan ketenangan dan kenyamanan. Selain itu, berenang juga bisa bermanfaat untuk menambah tinggi badan dan mencegah obesitas. 

Meskipun renang adalah olahraga yang menyenangkan, namun sebelum memulai untuk berenang alangkah lebih baiknya jika sang anak melakukan pemanasan terlebih dahulu untuk mencegah terjadinya kram dan hal-hal lain yang tidak diinginkan.

Jika anda adalah orang tua yang ingin mengajak atau mengajarkan anaknya untuk berenang, maka anda bisa mengajarkan Gerakan pemanasan yang dilakukan sebelum berenang untuk anak.

Inilah Gerakan Pemanasan Sebelum Berenang

Peregangan Tangan

Pemanasan pertama yang bisa diajarkan adalah peregangan tangan yang bisa meningkatkan jangkauan otot dan membuat tubuh menjadi lebih fleksibel. Peregangan tangan ini sebaiknya dilakukan selama 30 detik.

Untuk melakukannya, anak bisa berdiri dengan kaki yang dibuka selebar bahu kemudian merentangkan tangan ke kanan dan ke kiri, serta mencondongkan badan ke kiri dan ke kanan.

Setelah itu, bisa dilanjutkan dengan membungkukkan badan dan jari kaki untuk membantu meregangkan otot kaki dan punggung.

Lunge

Setelah itu, dari posisi berdiri kemudian majukan satu kaki kedepan dan rentangkan kedua tangan ke atas. Posisi ini bisa dilakukan secara bergantian dengan kaki yang satunya.

Gerakan ini akan membantu anak untuk meregangkan otot dada dan empat otot besar yang berada di bagian depan paha.

Pose Kucing

Gerakan pemanasan yang satu ini bisa dimulai dengan tubuh yang berbentuk seperti kucing, yaitu badan yang bertumpu pada kedua kaki dan telapak tangan. Setelah itu tundukkan kepala dan tarik perut ke atas sampai melengkung seperti gaya kucing yang sedang kaget. Kemudian bisa dilanjutkan dengan menurunkan secara perlahan tulang punggung ke arah lantai. 

Meniup Gelembung

Pemanasan selanjutnya bisa langsung dilakukan di dalam air. Pemanasan ini bisa dilakukan pada saat sang anak merasa takut ketika masuk ke dalam air. Anda Bisa mengajak sang buah hati untuk duduk terlebih dahulu di tepi kolam yang dangkal kemudian mengajarkannya untuk memasukkan kepala ke dalam air dan kemudian meniupkan udara agar menghasilkan gelembung udara. Hal ini akan menarik perhatian sang anak.

Menendang di Dalam Air

Setelah gerakan meniup gelembung, kemudian anda bisa mengajarkan anak untuk masuk ke kolam yang lebih dalam dibanding sebelumnya kemudian mengarahkan sang anak untuk meletakkan tangannya di tepian kolam untuk berpegangan. Setelah itu, perlahan-lahan luruskan kaki sang anak ke belakang lalu mulai lakukan gerakan menendang. 

Selain itu, pemanasan ini juga bisa dilakukan menggunakan pelampung agar anak merasa lebih nyaman karena tidak akan tenggelam.

Selain bisa meminimalisir terjadinya kram pada anak, ternyata banyak sekali manfaat pemanasan yang dilakukan sebelum memulai olahraga. Seperti yang dirilis oleh New Zealand Ocean Swim, setidaknya ada empat manfaat lain yang dihasilkan dari gerakan pemanasan sebelum olahraga renang, antara lain :

Manfaat Gerakan Pemanasan Sebelum Renang

  • Bisa melancarkan aliran oksigen yang ada pada otot yang digunakan ketika berenang;
  • Bisa meningkatkan suhu tubuh pada anak, sehingga akan mengurangi resiko terjadinya kram dan cedera otot pada anak;
  • Bisa meningkatkan aliran darah pada otot yang digunakan pada saat berenang, sehingga anak akan merasa lebih berenergi;
  • Bisa membuat otot menjadi lebih fleksibel, sehingga anak bisa berenang dengan lebih efisien.

Nah itulah beberapa Gerakan pemanasan yang dilakukan sebelum berenang untuk anak. Selain mencegah terjadinya kram dan cedera, pemanasan ini juga bisa memacu semangat sang buah hati saat melakukan olahraga renang.

Posting Komentar untuk "Gerakan Pemanasan Sebelum Berenang Untuk Anak"