Lompat ke konten Lompat ke sidebar Lompat ke footer

Inilah Alasan Mengapa Anak-Anak Menyukai Olahraga Renang

Mengapa olahraga renang digemari oleh anak-anak, ini dia alasannya - Olahraga renang merupakan salah satu jenis olahraga yang sangat digemari oleh anak-anak, dimana berenang bisa menjadi cara terbaik bagi anak untuk berinteraksi dan menjelajahi kondisi di sekitar mereka. 
Alasan Mengapa Anak-Anak Menyukai Olahraga Renang
Jika anda memiliki buah hati, alangkah lebih baiknya untuk mengajarkan mereka olahraga renang sejak dini untuk mendukung tumbuh kembangnya. Untuk informasi lebih lanjut mengenai alasan dan manfaat olahraga renang bagi sang buah hati, anda bisa menyimak informasi berikut.

Mengapa Olahraga Renang Digemari Oleh Anak-Anak?

Mungkin sebagai orang tua, anda sering heran mengapa anak-anak lebih menyukai olahraga renang dibandingkan dengan olahraga yang lain. Ternyata ada beberapa Alasan Mengapa olahraga renang digemari oleh anak-anak, diantaranya :

Anak-anak Suka Bermain Air

Renang menjadi olahraga yang sangat digemari oleh anak-anak karena mereka bisa berenang sekaligus bermain air. Sejatinya, anak-anak adalah makhluk yang menyukai air karena bermain air merupakan salah satu kegiatan yang sangat seru dan menggembirakan.

Bisa Bermain Wahana Air

Kolam renang jaman sekarang banyak yang menyediakan berbagai permainan yang menyenangkan untuk anak-anak. Hal itu kemudian menjadi daya tarik tersendiri bagi anak-anak untuk berenang dan bermain wahana yang ada di kolam renang tersebut.

Suasana Hati Yang Baik

Alasan yang satu ini penting untuk diketahui oleh orang tua, dimana olahraga renang dan bermain wahana air secara tidak langsung akan meningkatkan suasana hati anak menjadi membaik. 
Menurut penelitian, ketika berenang anak-anak akan melepaskan hormon endorfin yang bisa meningkatkan suasana hati.

Merasa Dirinya Bebas

Ketika anak sedang melakukan olahraga renang, tak jarang dari mereka yang merasa bahwa dirinya bebas. Bebas bermain air sepuasnya, bebas berinteraksi dengan siapa pun yang ada di kolam tersebut, dan bebas mengekspresikan diri mereka.

Tidak Mudah Lelah

Ketika melakukan olahraga renang, anak tidak mudah terasa lelah. Hal itu mungkin terjadi karena anak tidak mengeluarkan keringat, sehingga anak tidak menyadari saat dirinya sudah cukup kelelahan.

Air Menenangkan

Seperti orang dewasa, anak juga berpikir bahwa air itu bersifat menenangkan, sehingga anak akan merasa nyaman saat melakukan olahraga renang. Olahraga renang memiliki efek yang hampir sama dengan meditasi. Selain merasa nyaman, otak juga akan diistirahatkan sehingga terasa lebih segar. 
Alasan Mengapa Anak-Anak Menyukai Olahraga Renang

Manfaat Olahraga Renang Untuk Fisik Anak

Sebagai salah satu cabang olahraga, tentunya renang juga memiliki segudang manfaat untuk anak-anak. Berikut adalah manfaat olahraga cabang renang yang berdampak pada fisik sang anak :

Meninggikan Badan

Renang merupakan salah satu olahraga yang dipercaya bisa meninggikan badan. Hal ini kemudian menjadikan renang sebagai salah satu olahraga yang sangat bagus untuk anak-anak, terutama saat mereka sedang di masa pertumbuhan.

Melatih Pernafasan

Selain meninggikan badan, renang juga bisa melatih pernafasan sang anak. Hal ini terjadi karena gerakan dalam renang akan menggerakkan semua otot tubuh yang kemudian memacu aliran darah ke jantung, paru-paru, dan pembuluh darah, sehingga bisa bermanfaat bagi kekuatan pernafasan sang anak.

Membentuk Tubuh Ideal

Selain kedua manfaat diatas, renang juga bisa menjadikan tubuh sang anak menjadi ideal. Renang bisa menjadi jalan untuk mencegah obesitas yang seringkali menimpa anak-anak.

Manfaat Olahraga Renang Untuk Psikis Anak

Selain pada fisik anak, olahraga renang juga memiliki beberapa manfaat untuk psikis sang anak. Berikut adalah manfaat olahraga renang untuk kondisi psikis anak :

Meningkatkan Perkembangan Mental Anak

Sesuai dengan penelitian yang telah dilakukan, renang bisa membantu anak untuk meningkatkan perkembangan mental mereka. Hal ini terjadi karena saat renang, anak usia dini akan mengasah kemampuan sosial, verbal, hingga pemahaman arah.

Mampu Menenangkan Pikiran

Olahraga renang juga baik untuk mencegah terjadinya kecemasan pada sang anak, dimana hormon endorfin yang dikeluarkan akan mengalahkan hormon stres. Selain itu, gerakan renang yang berirama juga mampu membantu sang anak untuk mengendalikan denyut jantung dan tekanan darah, sehingga pernapasan anak menjadi lebih teratur.

Melatih Keberanian Anak

Ketika melihat kolam renang yang kedalamannya melebihi tinggi badannya, pasti sang anak akan memiliki ketakutan tersendiri saat masuk ke dalam air. Oleh karena itu, mengajarkan sang buah hati untuk berolahraga renang tentunya akan memberikan dampak yang cukup signifikan untuk melawan ketakutannya dan menambah keberaniannya. 

Itulah beberapa Alasan Mengapa olahraga renang digemari oleh anak-anak beserta dengan manfaat apa saja yang akan didapatkan saat anak melakukan olahraga renang.

Jika anda memiliki buah hati, alangkah lebih baiknya untuk mengajarkannya olahraga renang yang memiliki sejuta manfaat. 

Posting Komentar untuk "Inilah Alasan Mengapa Anak-Anak Menyukai Olahraga Renang"