Lompat ke konten Lompat ke sidebar Lompat ke footer

Manfaat Ilmu Bagi Kehidupan Manusia

Mengapa manusia harus berilmu untuk melangsungkan hidupnya? Berbicara tentang ilmu, belajar ilmu, kita pasti tahu bahwa ilmu itu merupakan sesuatu hal yang pasti ada dalam langkah kehidupan. Bahkan langkah kehidupan kecil sekalipun. Mulai tata cara berbicara, atau cara bersikap dan berperilaku semuanya merupakan hal yang bersumber dari ilmu, terutama ilmu adab dan tata krama. Maka tidak heran jika manusia tidak bisa hidup tanpa ilmu. 

Mengapa manusia harus berilmu untuk melangsungkan hidupnya

Secara harfiah, dalam bahasa arab ilmu disebut dengan alima yang memiliki arti sebagai pengetahuan. Secara umum, ilmu merupakan salah satu sumber pengetahuan akan suatu kebenaran yang dipercaya akan dapat membantu setiap manusia menuju tempat yang baik. Dengan suatu pengetahuan akan kebenaran, manusia akan maksimal melakukan tindakan yang benar dan menjauhi perbuatan yang dianggap salah. 

Alasan mengapa manusia harus berilmu untuk melangsungkan hidupnya dapat mengonfirmasi bahwa ilmu itu sangatlah penting dalam melangsungkan kehidupan. Ada beberapa fungsi ilmu yang mungkin bisa menjawab alasan mengapa manusia harus berilmu untuk melangsungkan hidupnya diantaranya sebagai berikut:

1. Ilmu sebagai filsafat kehidupan

Sebagai manusia, fungsi ilmu dalam teori keilmuan manusia harus memiliki falsafah yang baik sebagai acuan untuk menjalankan hidup dan kehidupan. Filsafat merupakan akar dari kehidupan sehingga tidak salah jika ilmu merupakan falsafah hidup dan alasan mengapa manusia harus berilmu untuk melangsungkan hidupnya.

2. Sebagai asas norma dalam kehidupan

Ilmu dalam kehidupan itu sangat banyak, fungsi ilmu bisa merupakan ilmu dalam bermasyarakat maupun ilmu ilmiah yang digunakan dalam pendidikan formal setiap harinya. Sebagai asas norma dalam kehidupan, maka ilmu yang dibutuhkan adalah ilmu untuk bermasyarakat atau interaksi sosial. Suatu perilaku atau asas yang dianggap benar dalam masyarakat dan itu mengarah pada tindakan baik dan positif serta dianggap benar oleh masyarakat maka itu menjadi asa norma kehidupan yang benar dan menjadi alasan mengapa manusia harus berilmu untuk melangsungkan hidupnya.

3. Sebagai bekal dalam menghadapi dunia kerja professional

Alasan mengapa manusia harus berilmu untuk melangsungkan hidupnya sebagai bekal nantinya dalam menghadapi dunia kerja profesional, ketika anda akan berbaur ke dalam dunia kerja profesional standar pendidikan formal yang akan menjadi acuan utama dan sebagai gerbang pertama ketika anda akan memasuki dunia kerja profesional. Standarisasi pendidikan formal menandakan bahwa ilmu sangat berpengaruh untuk membentuk karir seseorang kedepannya. Maka tidak heran jikalau dalam kehidupan sehari-hari pun ilmu selalu menjadi hal baru yang harus dipelajari terutama dalam suatu kehidupan formal. 

Contohnya saja ketika anda akan mendaftar kerja pada satu lembaga resmi, yang menentukan standar minimal pendidikan formal adalah strata 1 atau sarjana. Maka ini membuktikan bahwa ilmu yang ditempuh dalam pendidikan formal akan membentuk atau membuat standar minimal anda untuk memasuki dunia kerja profesional. 

4. Sebagai bekal dalam menyaring informasi

Perkembangan teknologi mendukung dengan jalannya kecepatan informasi tersebar luas ke masyarakat. Tidak dapat dipungkiri bahwa informasi yang tersebar tersebut belum tentu memiliki kebenaran seutuhnya ketika sampai kepada anda. Dengan adanya ilmu dan sumber informasi yang anda miliki, sebagai manusia anda akan berusaha mencerna terlebih dahulu informasi yang diterima dan menelaah kebenarannya. Itulah yang menjadi fungsi ilmu dan alasan mengapa manusia harus berilmu untuk melangsungkan hidupnya agar tidak termakan isu dan berita yang tidak benar. 

5. Sebagai pemantik diskusi dan alat telaah sosial

Sebagai seorang manusia tentu kita menjadi seseorang yang berusaha untuk terus menjadi lebih baik. Alasan mengapa manusia harus berilmu untuk melangsungkan hidupnya adalah agar dapat berbenah dan mengikuti perkembangan sosial yang ada, sebagai bahan pemantik diskusi dan alat telaah sosial bagi suatu kebenaran. Maka tidak heran ilmu itu butuh selalu diperbaharui dan menjadi hal yang baik didiskusikan dalam kehidupan terutama di lingkungan sosial.

Itulah beberapa fungsi ilmu sebagai alasan mengapa manusia harus berilmu untuk melangsungkan hidupnya. Belajar ilmu itu bisa anda lakukan dimana saja dan kapan saja. Ilmu memiliki syafaat bahkan dalam setiap hembusan nafas manusia. Itulah mengapa ilmu sangatlah penting bagi kehidupan.

Posting Komentar untuk "Manfaat Ilmu Bagi Kehidupan Manusia "