Lompat ke konten Lompat ke sidebar Lompat ke footer

Pentingnya Peran Mainan dalam Perkembangan Anak

Pentingnya Peran Mainan dalam Perkembangan Anak: Apa yang Harus Orang Tua Ketahui? Pernahkah Anda memikirkan sejenak tentang hal ini? Sebenarnya seberapa penting mainan dalam perkembangan anak? Disadari atau tidak, ternyata ada begitu banyak manfaat mainan untuk pertumbuhan dan perkembangan anak. 

Pentingnya Peran Mainan dalam Perkembangan Anak

Seorang anak diibaratkan sebagai spons yang siap menyerap informasi apapun. Nah, dalam hal ini mainan bisa Anda pilih sebagai sarana untuk mengeksploitasi lingkungan serta mengajari anak hal yang baru. Dengan media mainan yang tepat kini orang tua bisa memasukkan berbagai unsur-unsur pendidikan didalamnya. 

Untuk itu, sebagai orang tua Anda harus selektif dalam memilih jenis mainan yang edukatif agar manfaatnya dirasakan buah hati tercinta. 

Untuk menambah wawasan Anda seputar pentingnya mainan anak, kali ini kami merangkum beberapa manfaat mainan untuk perkembangan anak. Mari simak bersama!

Mainan Membantu Menumbuhkan Fokus Belajar Anak

Siapa bilang bermain akan membuat anak kehilangan fokus belajar, justru sebaliknya. Pada usia tertentu mainan malah akan melatih fokus belajar anak lho! Pasalnya ketika bermain anak akan fokus pada satu hal yaitu mainan yang dimainkannya. 

Hasilnya mereka juga akan lebih fokus pada apa yang dipelajari dalam hal akademis seperti saat mereka memberikan fokus penekanan pada mainan. Untuk itu, peran orang tua sangat besar guna mengarahkan anak memilih mainan sesuai usianya serta memiliki manfaat edukatif. 

Mainan Membantu Mengasah Kemampuan Imajinasi

Dengan memberikan si kecil mainan, Anda telah membantunya mengasah kemampuan khayalan atau imajinasi. Misal, ketika anak bermain rumah-rumahan maka ia akan membayangkan dirinya berada di suatu tempat dengan peran yang ia inginkan. Saat melakoni mainan ini, imajinasi mereka akan berkembang dan semakin terasah.

Selain membuat mereka senang, permaianan anak juga melatih mereka untuk tumbuh menjadi anak yang cerdas.

Mainan Melatih Kemampuan Matematis

Selain membantu melatih kemampuan imajinasi, dengan mainan yang tepat Anda juga telah membantu melatih kemampuan matematis anak. Misalnya, ketika anak bermain menggunakan mainan dari stik es krim dengan cara menyusunnya.

Saat menyusun stik anak akan mulai melakukan perhitungan. Ya, mereka dengan cepat akan mencari cara menghitung jumlah stik tersebut sehingga semakin sering anak bermain dengan mainan sejenis maka semakin cepat pula mereka meningkatkan kemampuan matematisnya.

Mainan yang Melatih Keterampilan Berbahasa Anak

Manfaat lainnya dari mainan ialah membantu meningkatkan keterampilan berbahasa anak. Memasuki usia emasnya, anak cenderung akan semakin mudah menyerap berbagai informasi di sekitarnya. Dan salah satunya tentu siap menerima bahasa lisan maupun non lisan dari lingkungan di mana ia berada.

Untuk itu, sangat penting orang tua terjun langsung bermain bersama si kecil. Dengan bermain bersama, maka Anda bisa mengajak anak berbicara sehingga mereka semakin terangsang untuk mengucapkan kata-kata yang biasa didengar saat bermain.  

Dengan begini anak akan belajar memproses serta mengekspresikan bahasa dengan cara yang lebih baik. Bahkan pada usia tertentu, kebanyakan anak akan secara aktif mengajak mainannya berbicara lho! 

Mainan Melatih Kemampuan Pengendalian Diri dan Emosi Anak

Bukan hanya untuk buang-buang waktu, mainan juga berperan penting untuk membantu mengontrol emosi anak. Pasalnya ketika bermain dengan mainan kesukaannya anak bisa melatih pengendalian diri terkhususnya jika ia bermain bersama orang lain.

Saat bermain bersama teman, biasanya anak harus saling memberikan giliran bermain kepada teman secara bergantian. Di tahap ini Anda bisa membantu anak mengurangi sikap egoisnya dan belajar untuk berbagi kepada orang lain. Bahkan secara tidak langsung Anda juga mengajarkan pada anak bagaimana cara menjaga barang miliknya sendiri.

Mainan Membuat Tubuh Anak Lebih Sehat

Tentu saja manfaat ini sangat diinginkan semua orang tua, termasuk Anda pastinya. Olahraga sendiri sangat penting bagi pertumbuhan dan perkembangan si kecil. Kini Anda bisa membuat tubuh anak tetap sehat dengan cara yang lebih menyenangkan yaitu dengan permainan-permainan yang bisa menstimulasi fisik anak.

Ada banyak cara yang bisa Anda coba, misalnya mengajak anak bermain boneka di taman, berenang, mengajaknya main rumah-rumahan dan lain sebagainya.

Itulah beberapa manfaat mainan untuk menemani tumbuh kembang si kecil. Sebagai orang tua kini Anda sudah tahu bagaimana pentingnya peran mainan yang tepat untuk anak. Maka dari sekarang cobalah menjadi orang tua yang bijak dan lebih selektif saat memberikan mainan edukatif pada buah hati kesayangan Anda. 

Posting Komentar untuk "Pentingnya Peran Mainan dalam Perkembangan Anak"