Candi Prambanan Kilas Balik Peninggalan

00.15

Candi Prambanan Kilas Balik Peninggalan - Biar kuat jalan jauh, ku awali pagi indah hari ini dengan sarapan semangkuk soto. Sedikit kaget sebenarnya sarapan soto, karena di medan soto lebih sering di santap siang hari. 

Candi Prambanan Kilas Balik Peninggalan
Candri Prambanan
Ternyata soto di sini berbeda jauh dengan di medan, kalau di medan sotonya pakai santan sebaliknya di jogja kuah sotonya bening. Bening kayak mata aku pas awal bulan ~ haha

Candi Prambanan Kilas Balik Peninggalan
Soto di jogja gak pakai santan kayak di medan

Lepas sarapan, di hari kedua perjalanan di lakukan menuju Candi Prambanan. Penginggalan sejarah yang terkenal dengan cerita seribu candinya, melihatnya dari dekat rasanya begitu istimewa ternyata.

Walau beberapa bangunan candi sempat hancur karena gempa bumi tahun 2006, tapi pengelola terus melakukan pemugaran untuk menjaga bangunan yang begitu bersejarah ini.

Candi Prambanan Kilas Balik Peninggalan
Candi Prambanan
Di kompleks, candi ini tidak hanya terdapat 1 buah candi. Tapi ada banyak candi lainnya, di antara Candi Sewu, Candi Bubrah, Candi Lumbung, namun yang paling luas itu bangunan Candi Prambanan.

Candi Prambanan Kilas Balik Peninggalan
Candi lain, yang ada di dalam komplek

Saran aku, sebelum masuk jauh ke komplek candi, baiknya kamu tonton audio visual yang di sediakan disana. Harga tiketnya cukup terjangkau kok Rp 5.000 / orang. Kamu udah dapat tentang sejarah di balik Candi Prambanan dan mengenai proses penemuannya.
Soalnya aku jalan-jalan dulu sampe capek, baru nonton audio visualnya. Rasanya jadi kurang greget, karena apa yang di jelaskan udah aku lewati. Mau di datangi balik, capek cuy luas banget soalnya kompleks candinya.

Eits, tenang buat yang gak mau capek jalan, disini di sediakan juga kok penyewaan sepeda dan ada kereta wisata juga. Tapi akunya yang sok jago, milih jalan kaki aja dan akhirnya capek sendiri.

Candi Prambanan Kilas Balik Peninggalan
Museum Komplek Candi Prambanan

Gak cuma candi, di kompleks ini juga ada Museum Candi Prambanan, isinya beberapa artefak yang di jaga (di kacain) dan beberapa batu candi yang belum di pugar. Ada kebun rusanya juga, tapi karena cuaca lagi panas, si rusa lebih milih neduh deh.
Pepohonan di komplek Candi Prambanan cukup rindang, walau cuaca terik dan capek jalan kaki karena luasnya, tapi teduhnya pohon cukup menyejukkan jejak langkahku.

Candi Prambanan Kilas Balik Peninggalan
Rusanya pada neduh, cuaca lagi terik-teriknya emang

Lepas dari komplek candi menuju pintu keluar, ternyata kami di sambut oleh deretan souvenir. Ya ampun, buat silap mata. Sepanjang mata memandang, kanan-kiri semua menawarkan souvenir yang bagus-bagus dan harganya cukup murah loh.
Gantungan kunci dan bros harga perbuahnya Rp 1.000 . Murah meriah dan cakep juga kok, cocok dengan kata mutiara ini "Oleh-oleh itu gak penting harga, yang penting ingat" 

Candi Prambanan Kilas Balik Peninggalan
Gantungan kuncinya kak, bajunya, tasnya

Tiket Masuk Komplek Candi Prambanan (/orang)
Dewasa Rp 40.000
Anak-anak Rp 20.000
Audio Visual Rp 5.000
Oleh-oleh mulai dari Rp 1.000


You Might Also Like

0 comments

Follow Me