Lompat ke konten Lompat ke sidebar Lompat ke footer

Bangun Minat Baca Anak Dengan Buku Cerita Interaktif

Bangun Minat Baca Anak Dengan Buku Cerita Interaktif - Ngomongin soal buku anak, aku mulai memperkenalkan buku cerita sejak anakku berumur dua bulan. Menurutku semakin terbiasa anak-anak melihat ataupun sekedar memainkan bukunya, maka semakin mudah pula menanamkan cinta membaca kepadanya. Kalau di ingat-ingat lagi, anakku lebih banyak mempunyai buku bacaan dibanding mainan. Kerena buku-buku anak ilustrasinya terlalu menggemaskan di mataku, rasanya lebih gak kuat nahan keinginan beli buku di banding mainan anak.

Untuk memperkenalkan buku cerita ke anak gak harus menunggu anak bisa membaca sendiri. Tugas orang tua lah yang mendampingi anak agar kegiatan membaca menjadi menyenangkan.

Tapi gak semua anak juga cepat tertarik dengan buku cerita. Dari cerita beberapa teman, ketika anak mereka di berikan buku cerita malah di buang. Ada juga yang bukunya di robek atau baru dibacakan beberapa kalimat anaknya udah lari-lari gak mau duduk menyimak cerita.

Buku Cerita Anak Interaktif

Beragam memang perilaku anak-anak ketika diberikan buku cerita. Tapi mom jangan menyerah ya, sebab banyak sekali manfaat yang didapatkan dari kegiatan membaca. Jika sudah banyak cara yang dilakukan untuk menarik minat membaca anak tapi belum juga berhasil, mom bisa mencoba mengganti buku ceritanya dengan buku cerita interaktif.

Baca juga: Let's Read Bantu Penuhi Hak Membaca Anak

Buku cerita interaktif ini maksudnya, buku cerita tidak hanya sekedar di baca tapi juga bisa di mainkan oleh anak. Buku ini insyaalah lebih dapat menarik perhatian anak dan membantu anak untuk lebih semangat membaca. 

Ada banyak jenis buku interaktif, namun kali ini aku hanya mereview beberapa buku interaktif koleksi anakku. Buku ini sangat membantuku ketika dia mulai kurang tertarik untuk meminta dibacakan buku cerita.

1. Pop Up Book

Bangun Minat Baca Anak Dengan Buku Cerita Interaktif
Pop Up Book - tentang seekor kucing yang ingin tahu

Pop Up Book ilalah sebuah buku yang ketika tiap halamannya dibuka akan menampilkan bentuk tiga dimensi atau timbul. Namun karena gambarnya yang timbul ini, jenis pop up book biasanya tidak di buat dengan jenis kertas yag tebal. Jadi rentan robek jika kurang berhati-kati ketika membacanya. 
Buku pop up anakku ada beberapa halaman yang koyak, karena dianya cukup semangat ketika membaca. Belum lagi ekor kuda yang bisa bergerak-gerak, kadang dia gemes terus di tarik-tarik. Tapi gak apa juga sih, bisa di lakbak kembali. Prinsipku jika buku rusak, perbaikinya di depan anak. Ajak dia juga untuk ikut bertanggung jawab menjaga barangnya.

2. Busy Book

Bangun Minat Baca Anak Dengan Buku Cerita Interaktif
Busy Book keluaran campbell

Busy kittens ini salah satu favorit anakku, sebagai penyuka kucing dia senang sekali melihat isi tiap halaman buku ini. Tiap halaman buku bisa di geser-geser sesuai arah panah. Misalnya menampilkan kucing yang tiba-tiba muncul dari tumpukkan pakaian.
Bukunya jenis boardbook yang tebal, tidak terlalu mudah rusak seperti pop up book. Tapi sayang jumlah halamannya tidak terlalu banyak, kalau lebih banyak lebih puas nih.

3. Magnetic Book

Bangun Minat Baca Anak Dengan Buku Cerita Interaktif
Bubble magnet, mainan magnetnya timbul

Di tiap halamannya ada magnet yang bisa di tempelkan, selain menempelkan sesuai instruksi di buku. Ternyata buku ini juga bisa di pakai untuk mencocokkan gambar. Pada halaman belakangnya, ada gambar-gambar dari ketigabelas magnet buku ini. Anakku justru sangat senang mencocokkan gambar di halaman belakangnya. Magnetnya juga bisa di tempelkan di kulkas, jadi lebih banyak cara bermain dengan buku ini.

4. Pull Out Book

Buku Cerita Anak Interaktif
Berisi angka satu sampai lima

Sebenarnya buku ini lebih cocok di kenalkan ketika anak mulai mampu mengontrol kekuatan genggaman tangannya. Tapi waktu itu aku memberikan anakku buku ini ketika usia dia satu tahun lebih, akibatnya angka-angka yang bisa keluar dari bukunya sukses di tekuk-tekuk anakku. Jadi sekarang udah lecek-lecek sih bukunya, karena semangatnya dia.
Bukunya juga hanya berisi angka satu sampai dengan lima, agak nanggung ya mom untuk belajar berhitung.

5. Slide And See

Buku Cerita Anak Interaktif
Hewan dan rumahnya

Slide and see ini menampilkan jenis-jenis rumah hewan berserta hewannya. Bisa di geser sesuai arah panahnya, jadi semacam cilub baa gitu. Kekurangannya, kadang slidenya agak susah di geser. Jadi kalau tidak berhati-hati bukunya bisa tertekuk.

6. Mix And Match

Bangun Minat Baca Anak Dengan Buku Cerita Interaktif
Mencocokkan tubuh hewan

Ini buku seru kesukaan ku. Buku ini anak di ajak untuk mencocokkan kepala dengan kaki hewan. Tapi lucunya walaupun bukan pasangannya, bisa cocok juga ukurannya antara si kepala dengan bagian kaki. Buku ini berjenis paperbook, mudah sobek jika tidak berhati-hati mom. Sempat lihat-lihat di market place ada juga yang jenis boardbooknya, bisa lebih awet yang pastinya.

Alhamdulillah, buku-buku ini aku dapatkan dari hadiah. Jika mom tertarik untuk membelinya bisa cari di market place ya. Buku-buku di atas emang lebih cocok untuk anak yang usianya lebih dari satu tahun. Tapi bukan berarti anak dibawah satu tahun tidak bisa menikmati buku interkatif.

Untuk anak di bawah satu tahun mom bisa mencoba memperkenalkan buku jenis touch and feel, sound book, puppet book ataupun flip flap book. Jika ingin lebih awet, carilah yang bahannya boardbook mom.

Berikut video lengkap dari isi buku interaktif di atas


Semangat selalu mom, untuk menjadikan membaca menjadi hal yang menyenangkan bagi anak.




Posting Komentar untuk "Bangun Minat Baca Anak Dengan Buku Cerita Interaktif"